Transformasi toko kelontong konvensional menjadi toko kelontong masa kini

David Sitanggang, Ardansyah Ardansyah

Abstract


Tujuan dari Penelitian tersebut yaitu untuk mengetahui bagaimana cara    perubahan toko kelontong konvensional milik Ibu Tata menjadi Sampoerna   Retail Community (SRC). Mengetahui fitur aplikasi yang diberikan oleh PT   HM Sampoerna kepada para toko retail dalam menarik masyarakat untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari dan mempermudah dalam melayani pelanggan sehingga Sampoerna Retail Community (SRC) Tata dapat bersaing dengan   para UMKM lainnya dalam menggerakkan perekonomian. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan memilih Sampoerna Retail Community (SRC) Tata dan 3 informan yang dianggap memiliki pendapat serta informasi mengenai Transformasi Toko Kelontong Konvensional Menjadi Toko Kelontong Masa Kini Pada SRC Tata di   Bandar Lampung. Data yang dikumpulkan berupa: Dokumentasi dan Wawancara secara mendalam dengan sumber informan. Hasil dari Penelitian tersebut  menunjukkan bahwa Transformasi ke Sampoerna Retail Community (SRC) memiliki 2 Opsi yaitu melalui pihak PT HM Sampoerna yang dalam seminggu adanya kunjungan ke toko dan mengirim email ke csayosrc@src.idkemudian akan dilakukan penandatanganan persetujuan dan survey untuk penataan toko secara langsung. Adanya aplikasi    untuk mempermudah pemilik toko dalam melayani pelanggan seperti: Ayo    SRC Toko, Ayo SRC Kelontong, Ayo Kasir dan Pojok Bayar.


Keywords


Transformasi; SRC; SRC Tata; aplikasi SRC

References


Zhou.2006.Perkembangan Ekonomi Digital dalam UMKM.Jurnal Unissula.Jawa Tengah.

Zaeny.2005.Transformasi Sosial dan Gerakan Islam di Indonesia.Jurnal IAIN.Surabaya.

Akbar, Dendy Syaiful .2018.Penerapan Format Akuntansi Sederhana Pada Toko Kelontong.Seminar Nasional.Bandung.

Odekamaru, Juliam C.2019. Analisis Preferensi Konsumen Millennial Dalam Berbelanja Di Toko Konvensional, Department Store Dan E-commerce.Jurnal.Sulawesi Utara.

Kadek Mery Chelviani, Made Ary Meitriana, Iyus Akhmad Haris.2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Toko Modern Di Kecamatan Buleleng. Jurnal.Bali.

Hasan, Muhammad.2021.Transformasi Digital UMKM Sektor Kuliner Di Kelurahan Jatinegara.Jurnal. Jakarta Timur.

Sari, Windy Selvina.2021.Analisis Model Komunikasi Pemasaran SRC oleh PT HM Sampoerna TBK, di Kabupaten Jember.Skripsi.Jawa Timur.

Kristian Susilo, David.2022.Eksplorasi Strategi bauran Ritel terhadap Sampoerna Ritel Community di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember.Jurnal.Jawa timur.

Wahyuningtiyas R, Windari HW, Utomo B.2021.Pentingnya Sistem Pengendalian Manajemen Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Pada SRC Gurda Kencana (Studi Kasus Pada UMKM).Jurnal.Bali

Diana, Jenni.2021.Strategi Komunikasi Bisnis SRC COACH PT. HM SAMPOERNA TBK dalam Mengembangkan Brand Equity Melalui Program Usaha SAMPOERNA RETAIL COMMUNITY (OUTLET) Kepada Konsumen di Pekan Baru.Skripsi.Riau

Sadewo, Naufal Falih.2020.Analisis Efektivitas Inovasi Digital SRC (SAMPOERNA RETAIL COMMUNITY) Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Kelontong di Kecamatan Medan Johor.Skripsi.Medan.

Barusman, Andala Rama P. SE., M.A.Ec.2013. Buku Panduan Penelitian Dosen : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung.Buku.Bandar Lampung.

Ardansyah.,SE.,MM.2021.Sebuah Kajian Mengenai Bina Lingkungan.Buku.Bandar Lampung.

Dr. Alex Tribuana Susanto, S.T., M.M.2011.Jurnal Manajemen dan Bisnis.Jurnal.Lampung

Levy,Weitz.2012:35.https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/465.Diakses pada tanggal 14 September 2022.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39653/uu-no-20-tahun- 2008.Diakses pada tanggal 14 September 2022.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112 Pasal 1 ayat 5 tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar.

Soliha, Euis.2008..Analisis Industri Ritel di Indonesia.Jurnal Bisnis dan Ekonomi.Vol.15.No 2.

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Octian, Ardito Wahyu .2022.Apa itu Toko Kelontong. Dalam dari https://mitra.bukalapak.com/artikel/apa-itu-toko-kelontong-116025/. Diakses pada tanggal 14 September 2022.

Farah. 2022. Apa itu SRC Sampoerna dan Keuntungan Menjadi Mitra SRC. Dalam dari https://www.myjourney.id/apa-itu-src-sampoerna/. Diakses pada tanggal 25 Februari 2022.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v20i1.12713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 david sitanggang


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja