Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Terhadap Daerah Pariwisata: Systematic Review
DOI:
https://doi.org/10.30872/jkin.v20i2.12712Keywords:
Bauran Pemasaran, Wisatawan, Pariwisata.Abstract
Riset terdahulu atau riset yang relevan sangat penting dalam suatu riset atau artikel ilmiah. Riset terdahulu atau riset yang relevan berfungsi untuk memperkuat teori dan fenomena hubungan atau pengaruh antar variable. Review artikel merupakan salah satu metode yang digunakan dalam penulisan ini dengan menggunakan pendekatan studi literature yang bersumber dari search Google Scholar. Artikel ini mereview bauran pemasaran dalam meningkatkan kunjungan wisatawan terhadap daerah pariwisata. Hasil artikel literature review ini adalah minat kunjungan wisatawan terhadap daerah pariwisata dapat meningkat dengan dorongan 4 (empat) bauran pemasaran yaitu harga, produk/jasa, promosi, tempat.References
Angelina, G., Massie, J. D., & Gunawan, E. (2022). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian produk the body shop di era pandemi (studi pada konsumen the body shop kota manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 208-219.
Asih, S., Umiyati, U., & Wulandari, S. (2022). Analisis Promotion, Product, Price, Dan Place Pada Destinasi Wisata Telaga Claket Wonogiri. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 13(2), 148-154.
Dewi, K. (2019). Pengaruh Produk Wisata Dan Kebijakan Harga Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan. Media Wisata, 17(2), 90-102.
Gunawan, R. (2019). Pengaruh Marketing Mix (Product, Price, Place, dan Promotion) Terhadap Brand Preference Pada J. Co Do-nuts & Coffee di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 6(2), 9.
Hanief, L., Sari, N., & Hidayat, S. (2022). Optimalisasi Bauran Pemasaran dan Konten Kreatif Wisata Selanjung Sungai Biuku Banjarmasin. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 2(2), 229-234.
Indonesia, P. R. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10. Tahun 2009...... Tentang Kepariwisataan.
Išoraitė, M. (2016). Marketing mix theoretical aspects. International Journal of Research-Granthaalayah, 4(6), 25-37.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1&2.Jakarta: PT. Indeks.
Martoyo, A., Wiliani, N., & Basri, H. (2022). Strategi Promosi Desa Wisata Tanjungjaya Kek Tanjung Lesung Melalui Platform Digital. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2(2), 971-987.
Naibaho, D. N., & Nuswantara, B. (2023). Hubungan antara bauran pemasaran dengan minat kunjungan kembali wisatawan di agrowisata gunungsari kopeng kabupaten semarang. Ziraa'ah majalah ilmiah pertanian, 48(1), 1-12.
Oktaria, B. R. H., Hizmi, S., & Yakin, A. (2022). Strategi pemasaran paket wisata alam air terjun benang kelambu pt. Lirik lombok tours di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan dan Perhotelan (JPP), 2(1), 35-43.
Prayogi, I. B., & Bhaskara, G. I. (2022). Bauran Pemasaran Wana Wisata Coban Putri, Dusun Krajan, Desa Tlekung, Kota Batu, Jawa Timur. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 2430-2437.
Purbohastuti, A. W. (2021). The marketing mix effectiveness on indomaret's consumer purchase decision. Sains Manajemen, 7(1), 1-17.
Sejahtri, J. T. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Pada Pemandian Serayu Lestari Di Kota Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 10(3), 228-236.
Tjiptono. (2012). Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.
Tunisya, A. F., Safitri, D., & Nila, N. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Wisatawanyang Berkunjung ke DesaWisataBatulayang Kabupaten Bogor. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6611-6620.
Wibisono, N., Setiawati, L., & Putri, S. R. S. U. (2020). Model pengembangan destinasi pariwisata pedesaan studi kasus: Desa Wisata Gambung Mekarsari. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 16(1), 34-43.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.