Pengaruh Digital Marketing Terhadap Pengembangan UMKM Food And Beverage Di Kota Bandung

Chandra Kuswoyo, Cecillia Cecillia

Abstract


Pada saat ini teknologi semakin berkembang mengikuti zaman, salah satu diantara perkembangan itu adalah munculnya digital marketing dalam strategi pemasaran. Menurut para pelaku UMKM digital marketing adalah wadah yang sesuai untuk membangun brand image  dan loyalitas pelanggan. Pengembangan UMKM merupakan serangkaian langkah untuk meningkatkan pertumbuhan lingkungan usaha menjadi perusahaan yang kuat dan mandiri yang mampu tumbuh dan berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh dari penggunaan digital marketing terhadap pengembangan UMKM khususnya di bidang food and beverage yang berlokasi di Kota Bandung. Dalam penelitian ini juga digunakan metode deskriptif yang bersifat kuantitatif, dimana untuk jumlah populasi yang ada itu sebesar 6.141 UMKM menurut data Kementerian Koperasi dan UMKM tahun 2022. Sehingga penulis mengambil sampel sebanyak 109 yang dihasilkan dari perhitungan menggunakan rumus slovin. Setelah di dapat hasil sampel maka penulis mengirimkan kuisioner kepada para pelaku UMKM dalam bentuk google form dan setelah data terkumpul, penulis mengolah data tersebut sehingga hasil dan pembahasan yang di dapat adalah terdapat pengaruh pengembangan UMKM dalam penggunaan digital marketing. Saran dari penelitian ini adalah digital marketing harus lebih diperbaharui lagi dalam proses penggunaan dan desainnya untuk membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhan mereka.


Keywords


Digital marketing, pengembangan UMKM

References


Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah. Jurnal Manajemen Dewantara, 1, 62-76.

Kusniadi, C. P. (2020). Pengaruh DIgital Marketing Di Era Pandemi Terhadap Pengembangan UMKM di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. Program Studi Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat, 1-11.

Mursito, H. (2019). Sosial Media Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan. Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, 4, 41-47.

Mustapa, A., Machmud, R., & Radji, D. L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS, 5, 264-270.

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha UMKM Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan dan Pengelolaan Media Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 108-123.

Ramida, Mustari, Dinar, M., Supatminingsih, T., & Nurdiana. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Journal Of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 310-326.

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil,. Generation Journal, 4, 41-48.

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital Marketing Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 19, 170-182.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v20i2.12555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Chandra Kuswoyo, Cecillia Cecillia


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja