Pengaruh pemasaran digital dan modal usaha terhadap pendapatan umkm di tengah pandemi covid-19

Ahmad Kafrawi, Muh. Rezha Mulya Sugiri, Juardi Juardi

Abstract


Kelurahan Samata merupakan salah satu kelurahan di Kabupaten Gowa yang sangat prospektif pada sektor UMKM, khususnya di bidang kuliner. Penggunaan teknologi khususnya instrumen pemasaran digital diharapkan mampu menggenjot produktifitas UMKM dalam hal menjangkau segmen konsumen yang lebih luas di tengah kemerosotan perekonomian akibat pandemi Covid-19. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemasaran digital dan modal usaha terhadap pendapatan pelaku UMKM kuliner di Keluran Samata. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 responden pelaku UMKM di Kelurahan Samata. Data dikumpulkan melalui kuisioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji signifikansi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) pemasaran digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pelaku UMKM kuliner di Kelurahan Samata, (2) modal usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pelaku UMKM di kelurahan Samata, dan (3) pemasaran digital dan modal usaha secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pelaku UMKM di Kelurahan Samata.


Keywords


Teknologi; pemasaran digital; modal usaha; pendapatan; covid-19

References


Amalia, K., & Sulistianingsih, E. (2016). Penerapan Teori Solow-Swan Pada Pertumbuhan Ekonomi. Buletin Ilmiah Mat. Stat. Dan Terapannya (Bimaster), Vol. 05, No.1, 39–44.

Artaman, D. M. A., Yuliarmi, N. Y., & Djayasatra, I. K. (2015). Analisis Faktor- faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Seni Sukawati Gianyar. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, Vol. 4, No. 2, 87–105.

Irawan, H., & Ayunungsasi, A. A. K. (2017). Analisis Variabel yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang di Pasar Kreneng Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, Vol. 6, No. 10, 1952–1982.

Khasan, S., & Fathuniah, A. L. (2018). Pengaruh Modal, Lama Usaha dan Lokasi terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Pasca Relokasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Semarang, Vol. 6, No.1, 1–14.

Paul, M. T. (2003). Pembangunan Ekonomi Di Dunia Ketiga (Edisi Kedelapan). Jakarta: Erlangga.

Rafiah, K. K., & Kirana, D. H. (2019). Analisis Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Digital Bagi UMKM Makanan dan Minuman di Jatinagor. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah, Vol. 2, N0. 1.

Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid 19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand. Universitas Muslim Maros, Vol. 2, No. 1.

Utami, S., & Wibowo, E. (2013). Pengaruh Modal Kerja Terhadap Pendapatan dengan Lama Usaha Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, Vol. 13, No. 2.

Vijayanti, M. D., & Yasa, I. G. W. M. (2016). Pengaruh Lama Usaha dan Modal Terhadap Pendapatan dan Efisiensi Usaha Pedagang Sembako di Pasar Kumbasari. Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, Vol. 5, No. 12.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v19i4.11950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Kafrawi, Muh. Rezha Mulya Sugiri, Juardi Juardi


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja