Keputusan pembelian gas LPG 3Kg

Asrahmaulyana Asrahmaulyana, Nuramaliah Nuramaliah

Abstract


Salah satu yang dibutuhkan konsumen dalam kehidupan sehari-hari saat ini atau masa sekarang yaitu Liquified Petroleum Gas (LPG). Tujuan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keputusan pembelian masyarakat disaat terjadi disparitas harga gas LPG 3 kg di Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai.Data diperoleh melalui pembagian koesioner dan di analisis dengan teknik AHP (Analitycal Hierarchy Procces). AHP yaitu model pengambilan keputusan/mendapatkan kriteria mana yang lebih penting dalam mengambil keputusan pada suatu studi kasus. Dalam penelitian ini, terdapat tiga kriteria yaitu: harga, kebutuhan dan kelangkaan. Pada hasil penelitian diperoleh bahwa peringkat pertama adalah kebutuhan yang memiliki bobot/prioritas 0.578, peringkat kedua adalah harga dengan bobot/prioritas 0.242 dan peringkat ketiga adalah kelangkaan yang memiliki bobot/prioritas 0.180. Kata Kunci: Harga, Kebutuhan, Kelangkaa dan Keputusan Pembelian Masyarakat.


Keywords


Harga; kebutuhan; kelangkaan

References


Alfian, R., Sastra, H. Y., & Arhami. (2018). Penentuan Harga Eceran Tertinggi Liquified Petroleum GAS 3 Kg Bersubsidi di Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Reaksi (Journal of Science and Technology), 16(2), hal.14.

Eriani, E. (2020). Evaluasi Pendistribusian Gas LPG di Kecamatan Soreang (Perspektif Hukum Ekonomi Syariah). Skripsi, hal.2

Herawati, Niken, Aris Hidayat, and Suwarsito Suwarsito. 2018. “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.†Jurnal Mitra Manajemen 2 (5): 522–35.

Heryanto, Imam. 2015. “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan.†Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship 9 (2): hal.83-84. https://doi.org/2443-2121Heryanto, I. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80–101. http://doi.org/2443-2121.

Gunawijaya, R. (2017). Kebutuhan Manusia dalam Pandangan Ekonomi Kapitlis dan Ekonomi Islam. Jurnal Al-Maslahah, 13(1), hal.132.

Kuinang, Louis David, Moniharapon, Silcyljeova, Soegoto, and Agus S. 2018. “Pengaruh Kebutuhan, Gaya Hidup, Dan Citra Merek Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Di Warung Kopi Van Ommen Coffee Manado†6 (3): 1238–47.

Lestari, Putri. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Kepercayaan Konsumen Teh Botol Sostro.†Lestari, Putri, and Muchammad Saifuddin. 2020. “Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid’19.†Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA) 3 (2): hal.27-28.

Nugraha, Rudi Eka, Iba Gunawan, and Fitri Nurlaili. 2020. “Analisis Faktor Yang Menjadi Keputusan Pembelian Gas LPG 3 Kg†02 (01).

NST, M. F. R., & Yasin, H. (2014). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen & Bisnis, 14(02), hal.136.

Nugroho, A. O., & Veronica, R. B. (2021). Penerapan Metode Ahp Sebagai Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Kerja. UNNES Journal of Mathematics, 10(1), hal.48.

Saluy, Ahmad Badawi, and N W Kemalasari. 2017. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pt. Xyz.†Seminar Ekonomi Dan Bisnis … 1 (1): 1–10.

Ulum, M. (2017). Ro ’ sumaliyah VS Scarcity : (Paradigma Pelemahan Terhadap Perekonomian Syari ’ ah). Madinah: Jurnal Studi Islam, 4(2), hal.106.

Yuliza. (2019). Pengaruh Merek, Harga Dan Fitur Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone. Skripsi, hal.81.

Zakaria, D. G. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(4), hal.5.

Zhao, Huiliang, Xuemei Yao, Zhenghong Liu, and Qin Yang. 2021. “Impact of Pricing and Product Information on Consumer Buying Behavior With Customer Satisfaction in a Mediating Role.†Frontiers in Psychology 12 (December): 1–11.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v19i4.11948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Asrahmaulyana Asrahmaulyana, Nuramaliah Nuramaliah


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja