Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja pegawai

Mutmainnah Mutmainnah, Anwar Ramli, Zainal Ruma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Camat Rumbia Di Kabupaten Jeneponto. Metode ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan datanya adalah pembagian kuesioner, dengan 20 responden yang merupakan pegawai pada Kantor Camat Rumbia Di Kabupaten Jeneponto. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear sederhana guna untuk mengetahui pengaruh variabel bebas dengan variabel terikat yaitu Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai. Berdasarkan hasil penelitian Koefisien regresi secara parsial (Uji t) menunjukkan bahwa thitung sebesar 0,956 > ttabel sebesar 0,688 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 artinya Hipotesis Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel Kepemimpinan (X) terhadap Kinerja Pegawai (Y). dalam koefisien determinasi (R Square) 42% sedangkan sisanya 58% yang dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Hal ini mengidentifikasi bahwa variabel Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.


Keywords


Kepemimpinan; kinerja pegawai

References


Achmad Suyuti, 2001. Pelatihan Dasar Kepemimpinan (Leadership) dari Aspek Etik dan Moral. Cinta ilmu, pekalongan.

A.A Anwar Prabu Mangkunegara. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

A.A Anwar Prabu Mangkunegara. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia

Atmosoeprapto, Krisdarto, 2000, Menuju SDM Berdaya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Amron. (2010). Pengetahuan dan produktivitas skill tenaga kerja. Jakarta. Brahmasari, Ida Ayu dan Agus Suprayetno. 2008. Pengaruh Motivasi Kerja,

Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hei International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 10, September: 124-135.

Dessler, Gary. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisis Kesepuluh. Jilid Satu Jakarta Barat : PT. Indeks.

Fauzi, Imam. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan pada Unit SKT BRAK BL 53 PT. Djarum Kudus. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hariandja, Marihat Tua Efendi, 2002, “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€, Grasindo, Jakarta.

Handoko. 2002. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Ypgyakarta: BPFE Ke praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Rivai, Veithzal. 2005. Manajmen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : Dari Teori Persada.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v19i4.11756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mutmainnah Mutmainnah, Anwar Ramli, Zainal Ruma


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja