Analisa rasio laporan keuangan guna menilai kinerja manajemen pada UMKM

Rinda Sandayani Karhab, Ermi Utami, Dewi Sartika

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menghitung rasio laporan keuangan (rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan profitabilitas) guna menilai kinerja manajemen pada UMKM di Provinsi Kalimantan Timur. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian manunjukkan bahwa rasio likuiditas UMKM mampu membayar kewajiban jangka pendek dan jangka panjangnya kepada pihak luar UMKM maupun pihak dalam UMKM. Rasio solvabilitas mengalami fluktuasi dari tahun ke tahun yang disebabkan oleh terjadinya fluktuasi total aktiva dan total hutang debt to asset ratio UMKM di Provinsi Kalimantan Timur mampu untuk membiayai hutang dengan aktiva yang dimilikinya. Perputaran piutang, sediaan, modal kerja, aktiva tetap dan total aktiva dari tahun ke tahun mengalami kenaikan dan penurunan yang disebabkan oleh penagihan piutang dalam satu periode yang terlalu lambat untuk ditagih. Profit margin on sales dari tahun ke tahun mengalami kenaikan dan penurunan yang disebabkan oleh tidak menentunya penjualan dan harga pokok penjualan, hasil pengembalian investasi mengalami penurunan dari tahun ke tahun yang disebabkan oleh naiknya sisa hasil usaha setelah pajak dan aset UMKM di Provinsi Kalimantan Timur.


Keywords


Rasio likuiditas; solvabilitas; aktivitas; profitabilitas; UMKM

References


Ahmadi, M. dan Osman, M.H. 2018. How Can Small and Medium-sized Enterprise Maximize the Benefit Derived from Strategic Flexibility? The Moderating Effect of Contextual Ambidextrous Learning. Indian Journal od Science and Technology. Vol. 11 (11), 1 – 10.

Arman, Moh., Wayan Cipta, dan I Wayan Suwendra. 2015. Pengaruh Kecukupan Modal dan Tingkat Penyaluran Kredit terhadap Laba pada Lembaga Perkreditan Desa. E – journal Bisma Universitas Pendidikan Ghanesa. Vol. 3.

Brigham, Eugene. And Joel Houston. 2019. Fundamentals of Financial Management 12th edition, Cengage Learning.

Chang, A.Y., dan Cheng, Y.T. 2019. Analysis Model of the Sustainability Development of Manufacturing Small Medium-sized Enterprise in Taiwan. Journal of Clearer Production. Vol. 207, 458 – 473.

Choi, J.K. Thangamani, D., dan Kissock, K. 2019. A Systematic Metodology for Improving Resource Efficiency in Small and Medium-Size Enterprises. Resouces, Conserving and Recycling. Vol. 147, 19 – 27.

Dewi, Jilma. Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK-EMKM)(Studi Kasus di UMKM Bintang Malam Pekaloangan. Riset dan Jurnal Akuntansi. Vol. 2 (1), 11 – 17.

Dwiningwarni, Sayekti Suindyah & Jayanti, Ririn Dwi. 2019. Analisis Rasio Keuangan Untuk Mengukur Kinerja Keuangan UMKM Serba Usaha. J-MACC: Journal of Management and Accounting.

Erakipia, Apolonaris Felix & Gamaliel, Hendrik. 2016. Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Penilaian Kinerja Keuangan pada UMKM Amungme dan Kamoro. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol. 5 (1), 38 – 46.

Fahmi, Irham. 2018. Analisis Laporan Keuangan 1st edisi, Alfabeta. Bandung.

Gelo, Theresia. 2018. Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus pada UMKM Pia AE Jaya Di Kota Batu). Jurnal Agregat. Vol. 3 (2).

Horne, James C. Van. 2017. Financial Management & Policy 12th edition, Prentice Hall.

Kasmir. 2019. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Lia, Della Ayu Z., Hidayat, Rustam, ZA Zahroh. Penillaian Kinerja Keuangan Pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Berdasarkan Analisis Rasio Keuangan (Studi pada IRT Ramayana Agro Mandiri Kota Batu Tahun 2011 – 2014. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 25 (1), 1 – 11.

Loen, Mishelei. 2019. Analisis Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Industri Tas dan Sepatu New Hunteria Dengan Pendekatan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SEKEMKM). Jurnal Akuntansi & Bisnis Krisnadwipayana. Vol. 6 (2), 20 – 30.

Rachmanti, D.A.A., Hariyadi, M., Andrianto. 2019. Analisis Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Batik Jumput Dahlia Berdasarkan SAK-EMKM. Jurnal Balance. Vol. XVI (1).

Rajindra, Mattulada, A., Guasmin, Anggraeni, R.N., Haryanti, S. 2018. Kinerja Keuangan (UMKM) Melalui Kebijakan Pendanaan dan Modal Kerja Kabupaten Donggala. Jurnal Sinar Manajemen. Vol. 5 (2), 126 – 134.

Wardani, Nina Riza Furi. Djaja, Sutrisno. & Kartini, Titin. 2019. Analisis Rasio Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan pada Primer UMKM Darma Putra Uddhata Jember Periode 2015-2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. ISSN 1907-9990 | E-ISSN 2548-7175 | Volume 13 Nomor 1 (2019).




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v19i3.11695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rinda Sandayani Karhab, Ermi Utami, Dewi Sartika


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja