Analisis model untuk memprediksi bond rating berdasarkan rasio keuangan dan non keuangan

Nurma Gumpita Sabrina Lestari, Danur Damar Sasongko, Mahardian Mustiko Nugroho, Julianto Agung Saputro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  faktor akuntansi dan faktor non akuntansi dalam memprediksi peringkat obligasi pada perusahaan non keuangan. Faktor akuntansi terdiri dari profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, leverage, dan faktor non akuntansi adalah ukuran perusahaan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 45 sampel yang berasal dari perusahaan yang terdaftar dalam pemeringkatan PT Pefindo dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018 – 2020. Sedangkan, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi logistik biner dan pengolahan data menggunakan SPSS 15 for windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peringkat obligasi, likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap peringkat obligasi, dan solvabilitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap peringkat obligasi. Kebaharuan penelitian ini adalah artikel ini menggunakan teori stakeholder yang dijadikan grand teory dalam penelitian ini.


Keywords


Profitabilitas; likuiditas; solvabilitas; leverage; ukuran perusahaan; peringkat obligasi

References


Adrian, N. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Diponegoro.

Fauziah, Y. (2014). Pengaruh Likuiditas, Leverage Dan Umur Obligasi Terhadap Prediksi Peringkat Obligasi (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2012). Jurnal Akuntansi.

Febrinta, M. S. A. dan H. (2020). Pengaruh Manajemen Laba, Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas Dan Rasio Profitabilitas Terhadap Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011-2018. Jurnal Ekonomi, 22(1), 78–86.

Kontan.co.id. (2021). Tiga Perusahaan Gagal Bayar Bunga Surat Utang, Dua Diantaranya BUMN.

Lestari, N. G. S. (2022). Analisis Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage Dalam Meprediksi Kondisi Financial Distress (Studi Pada Perusahaan Food and Beverages dan Nondurable Household Product yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019). Repository STIE YKPN.

Linandarini, E. (2010). Kemampuan Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Peringkat Obligasi Perusahaan Di Indonesia.

Mahfudhoh, R. U., & Cahyonowati, N. (2014a). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi. Diponegoro Journal of Accounting, 1(1), 1–13.

Mardiana, Y., & Suryandani, W. (2021). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, dan Jaminan terhadap Peringkat Obligasi pada Perusahaan Non Keuangan yang Diperingkat oleh PT Pefindo yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Journal of Global Business and Management Review, 30–45.

Mauludina, R. D., & Nurdin. (2022). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas dan Leverage terhadap Peringkat Obligasi. Bandung Conference Series: Business and Management, 2(1), 52–60.

Nurakhiroh, T., & Et.al. (2014). Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Rating Sukuk dengan Manajemen Laba sebagai Variabel Intervening. Accounting Analysis Journal, 3(1), 109–117.

Nurhayati, I. (2012). Rasio Keuangan dan Peringkat Obligasi. Majalah Ilmiah Fakultas Ekonomi Univeristas Semarang, 11(3).

Pandutama, A. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Manufaktur Di Bei. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 1(4), 82–87.

Rezah, Zakaria, & Et.al. (2020). Analisis Rasio Keuangan dan Omur Obligasi terhadap Peringkat Obligasi. Accounting Journal Universitas Yapis Papua, 2(1), 40–50.

Safitri, Prasetyo, T. J., & Putri, W. R. E. (2020). Pengaruh Profitabilitas,Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Jaminan Dan Umur Obligasi Terhadap Peringkat Obligasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018). Jurnal Ilmiah Berkala Enam Bulanan, 25.

Saputri, D. P. O. S., & Purbawangsa, I. B. A. (2016). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Jaminan Terhadap Peringkat Obligasi Sektor Jasa Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen. E-Jurnal Manajemen.

Sari, N. M. S. K., & Badjra, I. B. (2016). Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Leverage dan Jaminan terhadap Peringkat Obligasi pada Sektor Keuangan. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(8), 5041–5069.

Sufiyanti, F., & Wardani, D. K. (2016). Dampak Rasio Keuangan terhadap Peringkat Obligasi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Syariah Paper Accounting FEB UMS.

Veronica, A. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 13(2), 271–282.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v19i3.11464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurma Gumpita Sabrina Lestari, Danur Damar Sasongko, Mahardian Mustiko Nugroho, Julianto Agung Saputro


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja