Pengaruh likuiditas, pertumbuhan laba dan struktur modal terhadap kualitas laba

Sri Ayem, Sergianus Mison

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Likuiditas, Pertumbuhan Laba dan Struktur Modal berpengaruh terhadap Kualitas Laba. Penelitian ini mengambil sampel perusahaan manufaktur sektor Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder laporan keuangan perusahaan. Selama periode 2018 – 2021, ada 16 perusahaan sektor Farmasi yang terdaftar. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu metode pengambilan sampel yang ditentukan oleh peneliti berdasarkan kriteria tertentu. Perusahaan manufaktur yang diambil berdasarkan kriteria peneliti adalah 11 perusahaan sampel. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji f dan uji determinasi (R2) dengan menggunakan alat uji Statistikal Package for the Social Sciens (SPSS) versi 25.  Hasil penelitian ini meliputi (1) Likuiditas berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba, (2) Pertumbuhan laba berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba, (3) Struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba.


Keywords


Likuiditas; pertumbuhan laba; struktur modal; kualitas laba

References


Al-Vionita, N., & Asyik, N. F. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Investment Opportunity Set (Ios), Dan Pertumbuhan Laba Terhadap Kualitas Laba. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 9(1).

Angga, A. W. (2019). PENGARUH LIKUIDITAS DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERKONSENTRASI TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA MALAYSIA TAHUN 2018. Universitas Widya Dharma.

Anggraeni, L. R., & Widati, L. W. (2022). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profatibilitas, Konservatisme dan Ukuran Perusahaan terhadap Kualitas Laba. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(1), 336–347.

Anggrainy, L., & Priyadi, M. P. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Laba, Kualitas Audit, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kualitas Laba. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (Jira), 8(6).

Ariska, I. D. (n.d.). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Komisaris Independen terhadap Kualitas Laba dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi.(Studi Empiris Perusahaan Liquid 45 yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017–2019). Fakultas Ekonomi dan Bisnis uin jakarta.

Arisonda, R. (2018). Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas, Pertumbuhan Laba, Ukuran Perusahaan Dan Invesment Opportunity Set (IOS) Terhadap Kualitas Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. ADVANCE, 5(2), 42–47.

Bawoni, T., & Shodiq, M. J. (2020). Pengaruh Likuiditas, Alokasi Pajak Antar Periode Dan Komite Audit Terhadap Kualitas Laba. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Ekonomi.

Dinda, B. (2019). Pengaruh Likuiditas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kualitas Laba Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. STIE Perbanas Surabaya.

Hasanah, K. N., & Erawati, T. (2022). Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas, Profitabilitas dan Umur Perusahaan terhadap Kualitas Laba. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(3), 663–682.

Herninta, T., & Ginting, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laba. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 155–167.

Kusumaningrum, R. W. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Laba dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kualitas Laba dengan Perencanaan Pajak sebagai Variabel Moderasi. STIE YKPN.

Marnalita, A. T. (2019). Pengaruh Leverage, Likuiditas, dan Free Cash Flow Terhadap Kualitas Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017. STIE YKPN.

Musyarofah, S., & Arifin, A. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Pertumbuhan Laba dan Return On Asset Terhadap Kualitas Laba. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 1432–1442.

Puspitawati, N. W. J. A., Suryandari, N. N. A., & Susandya, A. A. P. G. B. A. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Laba Dan Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Kualitas Laba. Seminar Nasional Inovasi Dalam Penelitian Sains, Teknologi Dan Humaniora-Inobali, 580–589.

SIMARMATA, R. (2021). Pengaruh Pertumbuhan Laba dan Struktur Modal Terhadap Kualitas Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terddaftar di (BEI) Bursa Efek Indonesia 2013 2017. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains, 1(01).

Syawaluddin, S., Sujana, I. W., & Supriyanto, H. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Laba Dan Profitabilitas Terhadap Kualitas Laba. ENTRIES, 1(1), 1–15.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v19i3.11405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sri Ayem, Sergianus Mison


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja