Pengaruh current ratio, debt to assets ratio, dan total assets turnover terhadap return on asset pada perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di bursa efek Indonesia

Nur Hasanah, Irwansyah Irwansyah, Musviyanti Musviyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh current ratio, debt to assets ratio, dan total assets turnover terhadap return on asset pada perusahaan sektor pertanian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan laporan keuangan tahunan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 18 perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2019, sehingga diperoleh 108 data perusahaan. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa current ratio dan total assets turnover berpengaruh positif dan signifikan tehadap return on asset. Sementara itu, debt to assets ratio berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap return on asset.


Keywords


Current ratio; debt to assets ratio; total assets turnover; return on asset

References


Anggraeni, M. D. (2011). Agency Theory Dalam Perspektif Islam. JHI 9.

Darmawan, A., & Nurochman, A. D. (2016). Pengaruh Current Ratio Dan Debt To Asset Ratio Terhadap Return On Asset. Jurnal Studia Akuntansi Dan Bisnis, 4(2).

Deli, L. (2020). Pengaruh Current Ratio, Debt to Total Asset Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Profitabilitas. Accumulated Journal, 2(1).

Fahmi, Irham. (2018). Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gultom, D. K., Manurung, M., & Sipahutar, R. P. (2020). Pengaruh Current Ratio , Debt To Equity Ratio , Total Asset Turnover terhadap Return on Assets pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Humaniora, 4(1).

Kasmir. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kurniawansyah, D., Kurnianto, S., & Rizky, A. F. (2018). Teori Agency Dalam Pemikiran Organisasi ; Pendekatan Positivist Dan Principle-Agen. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Airlangga, 3(2).

Lekok, W. (2015). Pengaruh Tingkat Pertumbuhan Penjualan Dan Faktor Lain Terhadap Profitabilitas Perusahaan Publik. Bisnis Dan Akuntansi, 17(9).

Putry, N. A. C., & Erawati, T. (2013). Pengaruh Current Ratio, Total Assets Turnover, Dan Net Profit Margin, Terhadap Return on Asset. Jurnal Akuntansi, 1(2).

Setiawan, S. R. D. (2017). Terus Turun, Pangsa Pertanian Terhadap Perekonomian Nasional. Kompas. https://money.kompas.com/read/2017/03/30/190607926/terus.turun.pangsa.pertanian.terhadap.perekonomian.nasional

Sugiyono. (2012). Metode Penelitiann Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. (2013). Manajemen Keuangan Teori Konsep & Aplikasi. Yogyakrta: Ekonisia.

Tandi, A. (2018). Analilsis Pengaruh Curren Ratio, Debt to Equity Ratio, Net Profit Margin, dan Total Asset Turnover Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Property dan Rel Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016. Skripsi.

Widati, L. W., & Wigati, R. (2011). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Luas Pengungkapan (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 18(2).

Widodo, A. (2018). Analisis Pengaruh Current Ratio (Cr), Total Asset Turnover (Tato), Dan Debt To Asset Ratio (Dar) Terhadap Return on Asset (Roa), Serta Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan. Jimf (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 1(2).

Yudaruddin, R. (2014). Statistik Ekonomi Aplikasi Dengan Program SPSS Versi 20. Yogyakarta: Interpena.

Zulkarnaen, Z. (2018). Pengaruh Debt to Assets Ratio Terhadap Return On Asset Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010-2015. Jurnal Warta Edisi, 56.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v19i2.11193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Hasanah, Irwansyah Irwansyah, Musviyanti Musviyanti


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja