Efek indeks pembangunan manusia terhadap kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi

Harman Harman, Abdul Rahman, Sudirman Sudirman

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung indeks pembangunan manusia terhadap kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bone dengan kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi sebagai variabel intervening. Dalam penelitian ini menggunakan metode analysis path dimana analisis jalur (path analysis) merupakan pengembangan analisis multi regresi, sehingga analisis regresi dapat di katakan sebagai bentuk khusus dari analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel rata-rata lama sekolah dan pengeluaran perkapita tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kemiskinan di Kabupaten Bone, sedangkan variabel angka harapan hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan di Kabupaten Bone. Selain itu kemiskinan memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bone, sedangkan variabel rata-rata lama sekolah dan angka harapan hidup tidak bepengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bone dan variabel pengeluaran perkapita berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bone.


Keywords


Rata-rata lama sekolah; angka harapan hidup; pengeluaran perkapita; kemiskinan; pertumbuhan ekonomi

References


Adi Whisnu. (2011). Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk, PDRB, IPM, Penganguran Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten/Kota Jawa Tengah, Skripsi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis. 20.

Arsyad Lincolin. (1999). Ekonomi Pembanguanan, Yogyakarta: Edisi Ketiga. STIE YKP.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional ( BAPPENAS), 2004.

Badan Pusat Statistik (BPS). Kabupaten Bone Dalam Angka, 2019.

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan. Analisis IPM Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2011.

Baeti Nur. (2013). Pengaruh Pengangguran, Pertumbuhan Ekonomi, dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pembangunan Manusia Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2007-2011, Economics Development Analysis Journal, 94.

Departemen Agama RI. 1989. Al-Quran dan Terjemahannya. Surabaya: Mahkota Surabaya

Dewi Novita. (2017). Pengaruh Kemiskinan dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Indek Pembangunan Manusia di Provinsi Riau, JOM Fekom, (879).

Etik Umiyati, Amril dan Zulfanetti. Pengaruh Belanja Modal, Pertumbuhan Ekonomi dan Jumlah Penduduk Miskin Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Kabupaten/Kota Provinsi Jambi, Jurnal Sains Sosiohumanior, 34.

Gusi Bagus, Putra Setiawan & Dewa. (2015) Pengaruh Belanja Modal Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Melalui Pertumbuhan Ekonomi sebagai Variabel Intervening Provinsi Bali, E-Jurnal EP Unud Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 1281.

Jhingan M. L. (2016). Ekonomi Pembangunan Dan Perencanaan, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 141.

Kumalasari. (2011). Analisis pertumbuhan ekonomi, angka harapan hidup, angka melek huruf, rata-rata lama sekolah, pengeluaran perkapita dan jumlah penduduk terhadap tingkat kemiskinan di jawa tengah, jurnal ekonomi, 36.

Lopa Andi. (2020). Dampak Angka Harapan Hidup dan Kesempatan Kerja Terhadap Kemiskinan, Jurnal Ilmu Ekonomi, 56.

Michael P. Todaro Stephen C. Smith. (2004). Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga jakarta: Erlangga,134.

Mirza Sulistono Denni. (2012). Pengaruh Kemiskinan, Petrumbuhan Ekonomi, dan Belanja Modal Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Jawa Tengah Tahun 2006-2009, Economics Development Analysis Journal, 13.

Muda Riyan. (2017). Pengaruh angka harapan hidup, tingkat pendidikan dan pengeluaran perkapita terhadap pertumbuhan ekonomi di Sulawesi utara, Jurnal Ekonomi Pembangunan, 52.

Nadia Ayu Bhakti, Istiqomah & Suprato. (2014). Anlisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia Di indonesia Periode 2008-2012, Jurnal Ekonomi dan Keuangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jendral Soedirman, 465.

Napitupulu Apriliyah S. (2010). Pengaruh Indikator Komposit Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Penurunan Jumlah Penduduk Miskin Di Sumatera Utara, Jurnal Ekonimi.

Novriansyah Arif Moh (2018). Pengaruh Pengangguran dan Kemiskinan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Gorontalo, Gorontalo Development Reviw Fakultas Ekonomi Universitas Gorontalo, 72.

Nugroho Iwan. Pembangunan Wilayah: Perspektif Ekonomi Sosial, dan Lingkungan Jakarta: LP3ES, 52.

Salim Agus. (2009). Meredukasi Kemiskinan. Sebuah Proposal Baru Untuk Indonesia, Makassar:Nala Cipta Litera, 24.

Saputra Adi Wisnu. (2016). Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk, PDRB, IPM, Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan di Kabupaten / Kota Jawa Tengah, Jurnal Ekonomi,117.

Stephen Todaro Michael & P. Smith C. (2004). Pembangunan Ekonomi Di Dunia Ketiga Jakarta: Erlangga, 117.

Sukirno Sadono. (2015). Teori Pengantar Ekonomi Edisi Ketiga, Jakatrta: PT.Rajagrafindo Persada.

Teori Pengantar Makro ekonomi Edisi Ketiga. Jakarta : PT. Rajagrafindi Persada, 2006.

UNDP (United National Development Programme): Humant Depelopment Report 2000, 16.

United Nation Development Programme, 1995, 103.

Wahab. (2019). Pengaruh Indikator Komposit Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Pertumbuhan Ekonomi, di Kabupaten Sinjai. Skripsi Ilmu Ekonomi, 35.

Yuhendri. (2013). Pengaruh Kualitas Pendidikan, Kesehatan Dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Sumatera Barat, Skrips Universitas Negeri Padang.

Yunus Muhammad. (2008). Menciptakan Dunia Tanpa Kemiskinan, Bagaimana Bisnis Mengubah Dunia Kita Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 251.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jkin.v19i2.11174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KINERJA

indexing:

 

 

 

 

KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

.

View My Stats