Strategi peningkatan umkm kopi yang efektif di kota batu pada masa pandemi covid-19

Fiyardi Dwi Laksono, Nasikh Nasikh

Abstract


Kota Batu merupakan sebuah wilayah dengan hasil pertanian yang melimpah terlebih penghasil kopi yang ada di provinsi Jawa Timur. Kopi sejatinya sudah menjadi produk konsumsi sejak dahulu kala. Namun, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, produksi Kopi di Kota Batu menurun semenjak adanya Pandemi Covid-19 ini. Perubahan perilaku konsumen yang terjadi tentunya menjadi salah satu penyebab adanya penurunan kopi tersebut. Tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui efektifitas strategi perdagangan dalam meningkatkan kinerja UMKM Kopi yang ada di Kota Batu. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu jenis kualitatif dengan analisis deskriptif sebagai penjelasnya. Teknik pengumpulan data yaitu untuk data primer melalui penelitian secara langsung berupa observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi serta untuk data sekunder melalui website lembaga yang bersangkutan. Pengujian data dilakukan melalui faktor internal dan eksternal melalui IFAS (Internal Factor Analysis Strategic) dan EFAS (Eksternal Factor Analysis Strategic). Tahap terakhir yaitu mengkaji hasil Analisis SWOT sebagai penyimpul. Hasil yang didapatkan adalah UMKM Kopi di Kota Batu dirasa mampu memanfaatkan pilihan strategi yang ada dengan baik dan efektif. Begitupula sebaliknya, dimana diperoleh sumber alternatif strategi sebanyak 11 alternatif untuk pengembangan UMKM tersebut.


Keywords


Strategi peningkatan; umkm kopi; ifas efas; analisis swot

References


AEKI, Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia. 2018. Laporan Pasar Kopi. Jakarta (ID) : AEKI.

Akbarrizki, M., & Zulfikar, R. (2020). Analisis Pendapatan Usaha Dagang Kedai Kopi “Strong Coffee” Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Surakarta. Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian, 17(32), 106–120.

Arifen, S. R., Purwanty, V. D., Suci, D. A., Agustiawan, R. H., & Sudrajat, A. R. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66.

Bappenas, K. P. (2021). Laporan Perkembangan Ekonomi Indonesia dan Dunia (Vol. 4, Issue 4).

Dahiya, K. (2020). generous : COVID-19 ’ s impact on Indonesian consumer sentiment. April.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.

Dewi, N. I., & Melati, F. C. (2021). The Impact on Economic and Environmental Development of COVID-19 Pandemic : a Case Study In Indonesia. Ekuilibrium: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 16(1), 1–11.

Fadli, Suryadi, & Tambarta, E. (2020). Kendala Pemasaran Kopi Arabika Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Aceh Tengah. Jurnal Bisnis Tani, 6(2), 115–122.

Falefi, R., & Purwoko, A. (2020). Impact of COVID- 19 ’ s Pandemic on the Economy of Indonesia. 1147–1156.

Fattarani, A. A., Iskandar, E., & Fajri, F. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Kopi Arabika (Studi Kasus: Usaha “Kampung Kupi Gayo”, Kabupaten Aceh Tengah). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 2(4), 323–333. https://doi.org/10.17969/jimfp.v2i4.5405

Hanifawati, T., & Listyaningrum, R. S. (2021). Peningkatan Kinerja UMKM Selama Pandemi Covid-19 melalui Penerapan Inovasi Produk dan Pemasaran Online. Warta LPM, 24(3), 412–426. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.12615

International Coffee Organization. 2017. World Coffee Production.

Kim, J., & Lee, J. C. (2020). Effects of COVID-19 on preferences for private dining facilities in restaurants. Journal of Hospitality and Tourism Management, 45(July), 67–70. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2020.07.008

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). A framework for marketing. In Sloan management review (Vol. 32).

Kurniawan, C. N., Wahyu, E. E., Nurbaya, S., Brawijaya, U., Malang, P. N., & Malang, P. N. (2020). Review Integratif Mengenai Pandemi Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Industri Minuman Kopi. 6(October), 21–30.

Layantara, S. (2016). Evaluasi Perkembangan Bbq Street Menggunakan Teori Marketing Mix 7P Terhadap Fenomena Food Truck Di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(1), 243–250. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/147

Muhammad, S., Long, X., & Salman, M. (2020). COVID-19 pandemic and environmental pollution: A blessing in disguise? Science of the Total Environment, 728, 138820. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2020.138820

Muhani, Karyatun, S., Hardini, R., & Sabilah, H. S. (2020). Laporan Stimulus Penelitian Universitas Nasional Strategi Pemasaran Selama Masa Pandemi Covid-19.

OECD. (2020). SME Policy Responses. https://read.oecd_ilibrary.org/view/?ref=119_11968 0_di6h3qgi4x&title=Covid19_SME_Policy_Respo nses

Olivia, S., Gibson, J., Nasrudin, R., Olivia, S., & Gibson, J. (2020). Indonesia in the Time of Covid-19. https://doi.org/10.1080/00074918.2020.1798581

Pemerintah Kota Batu. (2018). Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Kota Batu. In www.batukota.go.id.

Rafiah, K. K. (2020). REVIEW EFFECTIVE MARKETING STRATEGY FOR UMKM COFFEE SHOP IN THE FACE OF PANDEMI. 16(2), 30–38.

Sudiartini, N. W. A., Astari, A. A. E., Kardini, N. L., & Dhani, Y. R. (2020). The feasibility study of coffee house business opportunity in COVID-19 pandemic: a case study at kulo coffee shop pemogan. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 7(5), 38–45.

Syaiful, F. F., & Elihami. (2020). Penerapan Analisis SWOT terhadap Strategi Pemasaran Usaha Minuman Kamsia Boba Milik Abdullah di Tengah Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 343–359.

Widodo, S. (2018). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN SIKLUS HIDUP PRODUK ( PRODUCT LIFE CYCLE ). 4(1), 84–90.

Yulanda, A. C. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI KOPI ARABIKA (Studi Pada Petani Kopi Arabika Kecamatan Bumiaji Kota Batu) JURNAL ILMIAH.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jkin.v19i2.10951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KINERJA

indexing:

 

 

 

 

KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

.

View My Stats