Pengaruh kompensasi, karakteristik pekerjaan, tanggung jawab sosial perusahaan dan reputasi perusahaan terhadap minat melamar pekerjaan

Dewi Indah Febrianti, Christiawan Hendratmoko

Abstract


Adanya banyak lowongan pekerjaan tidak menjamin akan terisinya lowongan tersebut, banyak faktor yang mempengaruhinya baik dalam sisi pencari kerja ataupun pemberi pekerjaan. Keinginan para pencari kerja untuk melamar pada lowongan pekerjaan menjadi faktor penting dalam terpenuhinya lowongan pekerjaan. Berbagai kriteria diperhitungkan, baik dari sudut pandang pencari kerja maupun pemberi kerja (perusahaan). Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui bagaimana kompensasi, karakteristik pekerjaan, tanggung jawab sosial perusahaan, dan reputasi perusahaan mempengaruhi minat pencari kerja di Kabupaten Sukoharjo dalam melamar pekerjaan. Data dikumpulkan melalui teknik kuantitatif menggunakan kuesioner melalui Google Forms dengan metode non probability sampling yakni pusposive sampling. Pada penelitian ini sudah dilakukan uji instrument data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas), persamaan regresi linier berganda, uji t serta juga koefisiensi determinan sehingga dalam penelitian ini didapatkah hasil yaitu kompensasi dan karakteristik pekerjaan terhadap minat melamar pekerjaan di Kabupaten Sukoharjo secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan sehingga kompensasi dan karakteristik pekerjaan merupakan faktor yang dipertimbangkan dalam melamar pekerjaan di Kabupaten Sukoharjo. Sedangkan tanggung jawab sosial perusahaan dan reputasi perusahaan terhadap minat melamar pekerjaan di Kabupaten Sukoharjo secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan sehingga tanggung jawab sosial perusahaan dan reputasi perusahaan bukan merupan faktor yang dipertimbangkan dalam melamar pekerjaan di Kabuapaten Sukoharjo.


Keywords


Minat melamar pekerjaan; kompensasi; karakteristik pekerjaan; tanggung jawab sosial perusahaan; reputasi perusahaan

References


Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Barber, Alison. E. 1998. Recruiting Employees: Individual and organizational Perspectives. Thousand Oaks. CA: Sage Publications.

Bidang Penempatan, Pelatihan dan Transmigrasi. 2021. Tabel: Ikhtisar Statistik Antar Kerja, Pencaker, Lowongan Dan Penempatan, Sukoharjo

Dolphin, R. 2004. Corporate Reputation A Value Creating Strategy. Corporate Governance International Journal of Business in Society, 4(3)

Elbadiansyah. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kesatu. Malang: IRDH.

Fajrina, Rani Sherli. 2012. Pengaruh Reputasi Perusahaan dan Komunikasi Word Of Mouth Terhadap Pembuatan Keputusan Melamar Kerja. S2 Thesis. FISIP UI.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Junaidi. r tabel dan t tabel.http://junaidichaniago.wordpress.com. UNJA. diakses pada 12 desember 2021.

Martoyo, Susilo. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-1. Yogyakarta: BPFE.

Marwansyah. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi ke-2. Bandung: Alfabeta.

Prastowo, Joko dan Miftachul Huda. 2011. Corporate Social Responsibility Kunci Meraih Kemuliaan Bisnis. Yogyakarta: Samudra Biru.

Prayoga Wanandra, Yustinus. 2021.Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Dan Atribut Organisasi Terhadap Niat Untuk Melamar Pekerjaan Dengan Daya Tarik Perusahaan Sebagai Pemediasi. S2 Thesis, UAJY.

Rachmatika, P.S.R. 2013. Dampak Pengungkapan Sumber Daya Manusia Terhadap Reputasi Perusahaan. Journal of Accounting, 2(3):h:1-12.

Rivai, V. 2006. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Setiawan, Wawan .2016. Pengaruh Daya Tarik Perusahaan dan Reputasi Perusahaan Terhadap Keinginan Melamar pada Mahasiswa Teknik Informatika. S2 thesis, UAJY.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie. 2016. Research Methods for Business. Edisi Ketujuh. United Kingdom: John Wiley & Sons.

Simamora. 2004. Manajemen Sumber daya Manusia, Edisi III.STIE YPKN. Yogyakarta.

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan ke-21. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitaif. Bandung: Alfabeta.

Wibowo (2012). Manajemen Kinerja. Jakarta: raja Grafindo Persada.

Wildan Itba’ Cannaby, Bilal.2018. Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Kompensasi Terhadap Minat Melamar Pekerjaan Mahasiswa Freshgraduate Ke Bank Syariah Dengan Lingkungan Keluarga Sebagai Variabel Intervenin.S1 Skripsi. IAIN Salatiga.

Williamson, J.E., Lepak, D., dan Sarma, A. 2010. Firm Reputation, Recruitment Web Site and Attracting Applicants. Journal of Human Resource Management, 49(4).




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jkin.v19i2.10927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KINERJA

indexing:

 

 

 

 

KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

.

View My Stats