Analisis pengaruh infrastruktur jalan, listrik dan air terhadap produk domestik regional bruto

Dio Cornelius, Wiwin Priana Primandhana

Abstract


Produk Domestik Regional Bruto merupakan suatu ukuran prestasi ekonomi dari semua kegiatan perekonomian dalam suatu wilayah atau daerah. Infrastruktur maupun ruang fasilitas publik merupakan suatu kebutuhan dasar yang sangat penting untuk pemenuhan kebutuhan yang sangat mendasar dalam pembentukan suatu wilayah agar perekonomian berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh infrastruktur jalan, infrastruktur listrik, dan infrastruktur air terhadap Produk Domestik Regional Bruto di Kota Surabaya. Penelitian ini mencangkup wilayah kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik dengan kurun waktu 10 tahun mulai tahun 2011-2020. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier berganda dengan Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Infrastruktur listrik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap produk domestik regional bruto di Kota Surabaya. Variabel infrastruktur jalan dan infrastruktur air memiliki pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan terhadap produk domestik regional bruto.


Keywords


Infrastruktur jalan; listrik; air; PDRB

References


Anonim. (2018). Surabaya Dalam Angka Tahun 2018, Buku Publikasi. Surabaya Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur.

Adisasmita, Rahardjo. (2010). Pembangunan Kawasan Dan Tata Ruang. Yogyakarta: Graha Buku.

Grigg, N. dan Fontane, D. G. (2000). Infrastructure System Management & Optimazation Internasional Civil Engineering Departement Diponegoro University.

Grigg, N. (1998). Infrastructure Engineering and Management, John Wiley & Sons.

Kodoatie, Robert (2005). Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu. Yogyakarta: Andi Offset.

Pranessy, Lisse, Ridwan Nurazi dan Merri Anitasari. (2018). Analisis Pengaruh Pembangunan Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Prvinsi Bengkulu, Jurnal Ekonomi. Bengkulu Program Magister Perencanaan Pembangunan Universitas Bengkulu.

Pratiwi. (2015). Pengaruh Infrastruktur Terhadap Produk Domestik Regional Bruto Gresik, Skripsi. Surabaya: Universitas UPN Jatim.

Suratno. (2016). Ekonomi Pembangunan. Bandung: Kencana.

Situmorang, A. T. (2011). Pengaruh Efisiensi Perekonomian Terhadap Pertumbuhan Ekonomi 32 Provinsi Di Indonesia. 1-28.

Tandung, Laen Sugi Rante. (2015). Analisis Pengaruh Infrastruktur Jalan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamasa. Skripsi. Makasar: Universitas Hassanudin.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v19i2.10923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dio Cornelius, Wiwin Priana Primandhana


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja