Analisis potensi sektor ekonomi (location quotient, shift share, dan tipology klassen)

Intan Andriyani Wijaya, Marseto Marseto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis potensi masing-masing sektor ekonomi dengan mengetahui sektor apa saja yang basis dan yang tumbuh relatif cepat di Kabupaten Wonogiri. Terjadinya pertumbuhan ekonomi dan terwujudnya kesejahteraan masyarakat salah satu faktornya yaitu sektor ekonomi basis. Data yang digunakan adalah data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Wonogiri dan Jawa Tengah tahun 2015 sampai dengan 2020 serta pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif dengan menganalisis secara kuantitatif. Dengan menggunakan teknik analisis location quotient (LQ), analisis shift share, dan analisis Tipologi Klassen. Hasil penelitian yang didapatkan terdapat 11 sektor basis di Kabupaten Wonogiri. Dan juga terdapat 13 sektor yang tumbuh relatif cepat, 11 sektor di Kabupaten Wonogiri yang cenderung mendorong pertumbuhan PDRB Jawa Tengah, 13 sektor yang mempunyai keuntungan lokasional, dan hasil tipologi klassen daerah Kabupaten Wonogiri ada pada kuadran daerah berkembang cepat.


Keywords


Pdrb; pertumbuhan ekonomi; lq; shift share; tipology klassen

References


Agma, S. F. (2015). Peranan Foreign Direct Investment Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnal Ilmiah, 1–14.

Arsyad, L. (2010). Ekonomi Pembangunan (Ke-5). UPP STIM YKPN.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Wonogiri. (2021). Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Wonogiri Menurut Lapangan Usaha 2016-2020.

Fattah, A., & Rahman, A. (2013). Analysis of regional economic development in the regency/municipality at South Sulawesi province in Indonesia. Journal of Economics.

Hendrati, I. M. (2018). Analisis Potensi Investasi Dalam Perencanaan Pembangunan Ekonomi Daerah (M. Prof. Dr. Djohan Mashudi, Ed.).

Kairupan, S. P. (2013). Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Inflasi dan Belanja Daerah Pengaruhnya Terhadap Kesempatan Kerja Di Sulawesi Utara Tahun 2000-2012 (1(4)). Jurnal EMBA.

Kuncoro, M. (2013). Economic geography of Indonesia: can MP3EI reduce inter- regional inequality. South East Asian Journal of Contemporary Business, Economics, and Law, 2(2), 17-33.

Margalita, W., Badjuri, & Komariyah, S. (2015). Peranan Sektor Industri Pengolahan Terhadap Perekonomian Jawa Timur Tahun 2007-2011 (Pendekatan Input-Output Analysis) (1(1)). Artikel Ilmiah Mahasiswa.

Putra, M. F. (2011). Studi Kebijakan Publik dan Pemerintahan dalam Perspektif Kuantitatif (Cetakan Pe). Universitas Brawijaya (UB) Press.

Sjafrizal. (2014). Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Era Otonomi. Rajawali Pers.

Tarigan, R. (2005). Ekonomi Regional. Teori dan Aplikasi. Bumi Aksara.

Todaro, M. P. (2000). Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Intan Andriyani Wijaya, Marseto Marseto


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja