Pengaruh pertumbuhan penjualan, profitabilitas dan struktur aktiva terhadap struktur modal pada perusahaan real estate and property di bursa efek Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10868Keywords:
Struktur modal, pertumbuhan penjualan, profitabilitas, struktur asetAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh (1) pertumbuhan penjualan (2) profitabilitas dan (3) struktur aset terhadap struktur modal (Debt to Equity Ratio) pada perusahaan real estate dan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. diklasifikasikan sebagai penelitian kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan real estate dan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara purposive sampling berdasarkan kriteria perusahaan real estate dan properti yang terdaftar di BEI, perusahaan yang menerbitkan laporan keuangan selama tahun pengamatan dan perusahaan yang memiliki laba bersih selama tahun pengamatan. Sampel dalam penelitian ini adalah 65. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari website www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal perusahaan real estate dan properti yang terdaftar di BEI (2) Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal perusahaan real estate dan properti terdaftar di BEI (3) Struktur aset berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal perusahaan real estate dan properti yang terdaftar di BEI.References
Brigham, E., & Houston, J. (2011). Dasar- Dasar Manajemen Keuangan, Buku 2 (Edisi 11). Jakarta: Salemba Empat.
Dewi, D. A. intan Y. M., & Sudiartha, G. M. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Aset Terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(4), 2222–2252.
Farisa, N. A., & Widati, L. W. (2017). Analisa Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan enjualan, Struktur Aktiva Dan Kebijakan Dividen Terhadap Struktur Modal. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu, 3(3), 640–649. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/5091
Hadianto, Bram. (2008). Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Struktu Modal Emiten Sektor Telekomunikasi Indonesia Periode 2000-2006: Sebuah Pengujian Hipotesis Pecking Order, Jurnal Manajemen, Volume 7 No.2.
Hanafi. (2004). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE UGM.
Horne, J. C., & John, M. M. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan (Edisi 12). Jakarta: Salemba Empat.
Husnan, & Pudjiastuti. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Meuangan (6th Ed.). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Khariry dan Yusniar. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal. Jurnal Wawasan Manajemen Vol. 4 Nomor 2 Juni 2016
Kesuma, A. (2009). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Perusahaan Real Estate yang Go-Public di BEI. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 11(1), 38–45. https://doi.org/10.9744/jmk.11.1.pp.%2038-45
Lukas, A. S. (2008). Teori dan Praktek Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Andi.
Manik, N. B., & Sitohang, S. (2017). Pertumbuhan Perusahaan, Struktur aktiva, dan Pertumbuhan Penjualan Serta Pengaruhnya Terhadap struktur Modal. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(4), 1–15. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/1435
Martono, & Harjitno, A. (2010). Manajemen Keuangan (Edisi 3). Yogyakarta: Ekonisia.
Nur, I., & Bambang, S. (1999). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen (Edisi 1). Yogyakarta: BPFE.
Puspawardhani, N. (2014). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Struktur Aktiva dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Pariwisata dan Perhotelan di BEI. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(7), 255232. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/8284
Putri, M. E. D. (2012). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Manajemen, 1(1), 1–10.
Riyanto, B. (2011). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan (Edisi 4). Yogyakarta: BPFE.
Sartono, A. (2008). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.
Sartono, R. A., & Sriharto, R. (1999). Faktor-faktor Penentu Struktur Modal Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Jurnal Sinergi, 2, 175–188.
Sekar, M. (2001). Analisis Faktor- Faktor, yang Mempengaruhi Keputusahan Pendanaan Perusahaan : Pengujian Pecking Order Hipotesis. Media Riset Akuntansi, Auditing Dan Informasi, 1(3).
Sofiati. (2001). Pengaruh Timbal Balik antara Utang dan Ekuitas Terhadap Struktur Modal Perusahaan-Perusahaan Go-Publik di Bursa Efek Jakarta. Yogyakarta: STIE.
Suwet, N. M. N. P. D., & Dewi, M. R. (2016). Pengaruh Pertumbuhan penjualan, Struktur Aktiva, dan Pertumbuhan Aktiva Terhada Struktur Modal. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(8), 5172–5199.
Weston, J., & Brigham, E. (2005). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Erlangga.
Wijaya, I. P. A. S., & Utama, I. M. K. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aset, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal Serta Harga Saham. E-Jurnal Akuntansi, 6(3), 514–530.
Yastini, N. P. Y. A., & Mertha, I. M. (2015). Pengaruh Faktor Fundamental Terhadap Nilai Perusahaan di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 11(2), 356–369. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/10692
Zulvia, Y. (2016). Determinan Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 5(1), 50–67. https://doi.org/10.24036/jkmb.10283500
www.idx.co.id www.sahamok.com www.bpn.go.id www.cnnindonesia.com
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.