Dampak penggunaan media sosial dengan pendekatan model aida pada kinerja umkm

Nani Meilawati Wardaningrum, Trio Handoko, Sri Wijiastuti

Abstract


Tujuan utama dilakukannya penelitian ini adalah menganalisa dan memberikan penjelasan mengenai dampak penggunaan media social dengan pendekatan model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) terhadap kinerja UMKM. Sampel pengambilan data dilakukan pada 64 UKM di Magetan, tepatnya Kelurahan Tebon, Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuisioner dan melakukan wawancara (interview) dengan pelaku usaha. Metode analisa data yang dipilih adalah regresi linier berganda, uji hipotesis dan analisa jalur. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari pendekatan model AIDA dan penggunaan sosial media terhadap kinerja UMKM di Tebon, Magetan. Berdasarkan uji koefisien determinasi dihasilkan nilai R2 total sebesar 98,1784% artinya Kinerja UKM dijelaskan oleh Attention, Interest, Desire, Action sebesar 98,1784% dan sisanya sebesar 1,8216% adalah variable lain diluar model penelitian ini.


Keywords


Model AIDA; media sosial; UMKM

References


Amri, A. (2020). Pengaruh Periklanan Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Indonesia di Masa PAndemi. Jurnal Brand, 2(1), 123–130. https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid-19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia

Hassan, S., Nadzim, S. Z. A., & Shiratuddin, N. (2015). Strategic Use of Social Media for Small Business Based on the AIDA Model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172, 262–269. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.363

Johar, D. S., Kumadji, S., & Mawardi, M. K. (2015). Efektifitas Iklan Online ( Survei pada Pembeli di Toko Online Adorable Project ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 26(1), 1–10.

Khairani, Z., Soviyant, E., & Aznuriyandi, A. (2018). Efektivitas Promosi Melalui Instagram Pada Umkm Sektor Makanan Dan Minuman Di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita, 3(2), 239. https://doi.org/10.22216/jbe.v3i2.2738

Kotler dan keller. (2009). Manajemen Pemasaran. In: Manajemen Pemasaran. In Edisi Millenium, Jilid 1 (Vol. 1, Issue 2). Erlangga.

Mumtaz, R. (2019). Awareness and perspectives social media as new strategic marketing approach in minor industries; notion grounded on AIDA model. Journal of Content, Community and Communication, 10(5), 213–224. https://doi.org/10.31620/JCCC.12.19/22

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu.

Syastra, M. T., & Adam, S. (2017). Penggunaan Media Sosial dengan Pendekatan Model AIDA bagi Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 7(2), 114. https://doi.org/10.21456/vol7iss2pp114-119

Widiyanto, I., & Prasilowati, S. L. (2015). Perilaku Pembelian Melalui Internet. JMK, 17(2), 109-112.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nani Meilawati Wardaningrum, Trio Handoko, Sri Wijiastuti


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja