Analisis harga pokok pesanan dengan metode full costing

Khairur Rachim, Nurita Affan

Abstract


Penelitian dilakukan pada Sharie Catering berlokasi di Jl. Mangkuraja Tenggarong ini merupakan perusahaan yang bergerak dibidang usaha catering. Dalam proses produksinya, Sharie Catering menjalankan usahanya berdasarkan pesanan yang diterima. Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengevaluasi atas penentuan harga pokok pesanan yang terjadi di Sharie Catering. Di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan perhitungan harga pokok pesanan dengan metode Full Costing dengan dasar perhitungan pada produk Nasi Kotak dan Snack Kotak. Dalam perhitungan harga pokok pesanannya, Sharie Catering menentukan harga pokok pesanan dengan memasukkan biaya bahan baku, dan biaya tenaga kerja langsung saja, sementara disisi lain terdapat beberapa unsur biaya yang tidak dimasukkan seperti biaya overhead pabrik dan biaya tenaga kerja tak langsung. Maka dari itu, penulis melakukan peninjauan kembali  pada perhitungan harga pokok pesanan dengan menggunakan metode Full Costing dan juga memasukkan semua unsur biaya yang berkaitan dengan proses produksi, kemudian menelaah kasus yang terjadi pada perusahaan selama proses produksi. Hasil penelitian ini menjadi dasar sebagai saran dalam penentuan harga pokok pesanan dengan metode Full Costing sebagai dasar dalam membebankan harga pokok pesanan untuk setiap produk yang dihasilkan. Sharie Catering sepatutnya juga perlu membuat rincian kartu harga pokok pesanan untuk merincikan biaya-biaya produksi yang terjadi untuk setiap pesanan.


Keywords


Harga pokok pesanan; ful costing

References


Aprillia, N. R., Asmapane, S., & Gafur, A. (2018). Analisis penentuan harga pokok pesanan dengan metode full costing. Jurnal Manajemen, 9(2), 94-104.

Bustami, B., & Nurlela. (2010). Akuntansi Biaya (2nd ed). Mitra Wacana Media, Jakarta.

Firmansyah, I. (2013). Akuntansi Biaya Itu Gampang. Dunia Cerdas, Bandung.

Hansen, D. R., & Mowen, M. M. (2011). Akuntansi Manajerial. Salemba Empat, Jakarta.

Johannes, A., Pelealu, H., & Mangindaan, J. V. (2018). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Full Costing Sebagai Dasar Perhitungan Harga Jual (Studi Kasus Pada Kertinaâs Home Industry). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(002), 34–40.

Komara, B., & Sudarma, A. (2016). Analisis penentuan harga pokok produksi dengan metode full costing sebagai dasar penetapan harga jual pada cv salwa meubel. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi (Jurnal Akuntansi, Pajak dan Manajemen), 5(9), 18-29.

Mulyadi. (2012). Akuntansi Biaya (5th ed.). Unit Penerbit Dan Pencetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.

Setiawan, T., & Ahalik. (2014). Mahir Akuntansi: Akuntansi Biaya dan Manajemen. PT Bhuana Ilmu Populer, Jakarta.

Slat, A. H. (2013). Analisis Harga Pokok Produk Dengan Metode Full Costing Dan Penentuan Harga Jual. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 110–117.

Sujarweni, V. W. (2015). Akuntansi Biaya : Teori & Penerapannya (Mona, ed.). Pustaka Baru Press, Yogyakarta.

Supriyono, R. A. (2013). Akuntansi Biaya, Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok (2nd ed.). BPFE, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.10537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Khairur Rachim, Nurita Affan


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja