Peningkatkan kinerja pemasaran umkm melalui orientasi inovasi dan orintasi kewirausahaan

Michel J.N Potolau, Safriansyah Safriansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjawab hipotesis terkait variabel yang berkontribusi pada peningkatan kinerja pemasaran. Dengan desain penelitian kuantitatif, kuesioner digunakan sebagai alat untuk mendapatkan data. Sebanyak 90 UMKM di Kota Tomohon menjadi objek dalam penelitian ini, yang dianalisis dengan menggunkan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengusaha UMKM Kota Tomohon perlu melakukan berbagai inovasi diantaranya: Desain, hal ini menuntut UMKM dapat menciptakan produk sesuai dengan keinginan pelanggan; Daya Kreativitas, UMKM Kota Tomohon dituntut untuk dapat mengembangkan ide-ide baru, karena melalui ide baru yang dikembangkan akan banyak strategi yang bisa diambil sehingga dapat terus bersaing di dunia pasar; Perubahan Sistem Distribusi, UMKM Kota Tomohon perlu mengembangkan sarana distribusi yang tepat, sehingga produk yang dihasilkan lebih mudah sampai ke tangan konsumen atau konsumen dapat lebih mudah menjangkau ketersediaan produk yang dibutuhkan; Sistem Administrasi Pembayaran, UMKM Kota Tomohon mampu membuat sistem pembayaran administrasi yang akan memudahkan pelanggan/konsumen dalam melakukan transaksi pembayaran


Keywords


Orientasi inovasi; orientasi kewirausahaan; kinerja pemasaran

References


Djayadiningrat, A. F., Sukaatmadja, I. P. G., & Yasa, N. N. K. (2017). PERAN INOVASI PRODUK MEMEDIASI ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN IMK SEKTOR INDUSTRI MAKANAN KOTA DENPASAR. 6(9), 4978–5004.

Gholami, S., & Birjandi, M. (2016). The effect of market orientation and entrepreneurial orientation on the performance of SMEs. Journal of Current Research in Science, 1.

Hadiwidjojo, Solimun, D. (2012). Solimun dan Djumahir Nama Orang JURNAL APLIKASI MANAJEMEN | VOLUME. Nomor, 10(September), 472.

Haji, S. (2017). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing. Samsul Haji Arifin Rois, 83–95.

Hidayat, S., & Murwatiningsih, M. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar dan Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran melalui Kapabilitas Pemasaran pada UMKM Lanting di Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen. Management Analysis Journal, 7(1), 98–109. https://doi.org/10.15294/maj.v7i1.19857

Jayaningrum, E., & Sanawiri, B. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 54(1), 149–158. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2227

Killa, M. F. (2014). Effect of Entrepreneurial Innovativeness Orientation, Product Innovation, and Value Co-Creation on Marketing Performance. Journal of Research in Marketing, 2(3), 198. https://doi.org/10.17722/jorm.v2i3.73

Lestari, I., Astuti, M., & Ridwan, H. (2019). Pengaruh Inovasi Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Umkm Kuliner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 111–118. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.245

Ogi, I., Massie, J., & Lapian, A. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Pt. Bpr Prisma Dana Amurang. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 1330–1339. https://doi.org/10.35794/emba.v4i1.12343

Setiawan, H. (2013). PENGARUH ORIENTASI PASAR, BUDAYA ORGANISASI DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA USAHA (Studi pada Usaha Kecil Pengolahan di Kota Palembang) Heri Setiawan 1.

Setyawati, H. A. (2013). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Keunggulan Bersaing dan Persepsi Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Prediksi Variabel Moderasi (Survey pada UMKM Perdagangan di Kabupaten Kebumen). Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 12(2).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supranoto, M. (2011). Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan… Jurnal EMBA, 2(3), 14–17. http://eprints.undip.ac.id/24205/

Suryanita, A. (2006). Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Kompetensi Pengetahuan Terhadap Kapabilitas Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Empirik Pada Industri Pakaian Jadi Di Kota Semarang). Universitas Diponegoro.

Utaminingsih, A. (2016). Pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan kreativitas strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UKM kerajinan rotan di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(2), 77–87. https://media.neliti.com/media/publications/149462-ID-pengaruh-orientasi-pasar-inovasi-dan-kre.pdf




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.10367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Michel J.N Potolau, Safriansyah Safriansyah


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja