Inovasi pelayanan publik berbasis e-government dalam aplikasi sampurasun Purwakarta

Authors

  • Novy Riesa Sellfia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Usep Dayat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lina Aryani Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.10363

Keywords:

Kualitas pelayanan publik, aplikasi samprasun, e-government

Abstract

Era digitalisasi yang sedang berkembang pesat dalam bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi di dunia saat ini berdampak pada penyelenggaraan pemerintahan berbasis internet atau e-government di tingkat pusat hingga tingkat pemerintahan daerah. Aplikasi Sampurasun merupakan aplikasi yang dibuat oleh tim dari bidang pariwisata yang di dalam aplikasi ini terdapat beberapa menu yang semata-mata ditunjukan untuk menunjang berbagai aktivitas wisatawan. Tulisan ini akan menganalisis bagaimana kualitas pelayanan publik lewat Aplikasi Sampurasun dan sejauhmana aplikasi tersebut sudah memiliki elemen-elemen penting dalam penerapan e-government di Kabupaten Purwakarta. Dalam  Pelayanan Publik berbasis e-government ini  dalam  aplikasi  Sampurasun Purwakarta  melakukan penilaian dalam kualitas pelayanan  publik  menggunakan teori dari  Lenvinne  dalam Hardiansyah  (2011:35)  yaitu  Responsiveness , Responsibility, dan Accountability dan teori dalam inovasi pelayanan publik Harvard JFK School of Goverment, dalam menerapkan konsep konsep pelayanan publik berbasis digital, terdapat tiga elemen yaitu  support, Capacity dan Value. 

References

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Purwakartakab. (2018). Sampurasun

Purwakarta, Mudahkan Informasi Pariwisata Purwakarta

Pratama, M. Hamdani, Strategi

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Surabaya. 2015, Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik. Vol.3, No.3, hal 90-91. Diakses dari https:///journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmp1060d28347full.pdf Pada 2015

Atthahara, Haura. (2018). Inovasi

Pelayanan Publik Berbasis E-Government Studi Kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Politikom Indonesiana, Vol.3 No.1

PURWAKARTAKAB.GO.ID. dilihat 6 November 2021 :

<http://www.purwakartakab.go.id/index.php/Welcome/detail/160>

PURWAKARTA.2018. Sejarah Purwakarta.

Website Resmi Pemerintah.

Dapat diakses di :

Kompasiana.(2018).“Sampurasunâ€, Aplikasi

Pariwisata Karua Anak Muda Purwakarta. Kompasiana.com. dilihat di: <https://www.kompasiana.com/miragowes/5c0f3dac6ddcae32cb053042/sampurasun-aplikasi-pariwisata-karya-anak-muda-purwakarta?page=all>

Indrawan, Angga. 2014. Mengurut Sejarah

Purwakarta. Republika. Dapat dilihat 08 November 2021 : <https://m.republika.co.id >

Wisata Jabar.com. (2017). Sampurasun,

Aplikasi Info Wisata Purwakarta di Android. Berita Pariwisata. Dilihat di 08 November 2021 : <https://www.wisatajabar.com/2018/02/sampurasun-aplikasi-info-wisata.html>

Inilah Koran. (2018). Sampurasun

Purwakarta, Aplikasi Kepariwisataan terbaik Nasional. Inilahkoran. Dilihat di 07 November 2021 :

<https://www.inilahkoran.com/berita/1800/sampurasun-purwakarta-aplikasi-kepariwisataan-terbaik-nasional>

Published

2021-11-20

How to Cite

Sellfia, N. R., Dayat, U., & Aryani, L. (2021). Inovasi pelayanan publik berbasis e-government dalam aplikasi sampurasun Purwakarta. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 18(4), 590–598. https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.10363

Issue

Section

Articles