Analisis strategi pengembangan digital marketing sebagai upaya peningkatan jumlah pengunjung taman kyai langgeng pada masa pandemi

Authors

  • Jonathan Vittorio Ega Sujono Universitas Tidar Magelang
  • Alda Aulia Nadhila Universitas Tidar
  • Fella Ardina Cahyani Universitas Tidar
  • Lucki Al Lukman Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.10234

Keywords:

Taman kyai langgeng, tourism marketing, pemasaran pariwisata, digital marketing

Abstract

Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memberikan  dampak negatif bagi sektor pariwisata  Taman Kyai Langgeng. Jumlah pengunjung mengalami penurunan akibat penutupan sementara dan pembatasan jumlah wisatawan yang berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan digital marketing guna meningkatkan jumlah pengunjung di Taman Kyai Langgeng selama pandemi berlangsung. Penelitian ini dilakukan 10 responden yang terdiri dari 5 responden pengelola dan 5 responden pengunjung dari berbagai kalangan usia. Pengambilan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner melalui media google form dan melakukan wawancara secara langsung di lapangan. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan strategi pemasaran yang dilakukan secara digital yaitu melalui media sosial berupa Instagram, Facebook, Youtube, Twitter, dan Tiktok, serta penyediaan tiket yang dapat dipesan secara online dengan sistem pre-order.

References

Aldino, I. (2021, Juni). Strategi Pemasaran Digital Pariwisata Berbasis Budaya Pemerintah Kota Surakarta. Jurnal Tata Kelola Seni, VII.

Atsarina, A. I., & Nurcahyanto, H. (2016). Strategi Peengembangan Pariwisata Taman Kyai Langgeng di Kota Magelang.

E., D. A. (2018). Taman Kyai Langgeng sebagai Wisata Unggulan di Magelang Jawa Tengah.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., et al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Inayah, F. (2020, Agustus). Pengaruh Digital Marketing, World of Mouth, dan Atribut Produk Pariwisata terhadap Keputusan Pengunjung.

Mulyani, S. (2017, September). Kerjasama Publik dan Swasta dalam Pengelolaan Parkir di Objek Wisata Taman Kyai Langgeng Kota Magelang. Jurnal Administrasi Publik dan Pemerintahan Daerah, I.

Puspawati, D. P., & Ristanto. (2018, Desember). Strategi Promosi Digital untuk Pengembangan Pariwisata Kota Magelang. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, I, 1-20.

Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019, September). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, I.

Sapta, I. K., & Landra, N. (2018). Bisnis Pariwisata. Denpasar: CV. Noah Aletheia.

Suci, R. P. (2015). Esensi Manajemen Strategi. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Warmayana, I. G. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Jurnal Pariwisata Budaya, III, 81-92.

Published

2021-11-20

How to Cite

Sujono, J. V. E., Nadhila, A. A., Cahyani, F. A., & Lukman, L. A. (2021). Analisis strategi pengembangan digital marketing sebagai upaya peningkatan jumlah pengunjung taman kyai langgeng pada masa pandemi. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 18(4), 608–613. https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.10234

Issue

Section

Articles