Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah

Adya Utami Syukri, Andi Nonong Sunrawali

Abstract


Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Dunia maya kini tak lagi hanya mampu menghubungkan orang dengan perangkat, namun juga orang dengan orang lain di seluruh penjuru dunia. Keberadaan UMKM diharapkan mampu memacu perekonomian di tengah perlambatan ekonomi yang terjadi saat ini. Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital (digital marketing) memberikan harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. Pelaku UMKM mengkolaborasikan media promosi dan media distribusi berbasis digital untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Saat ini, hampir seluruh usaha UMKM atau bahkan usaha restoran dan makanan cepat saji menggunakan media promosi dan media distribusi berbasis digital marketing. Beberapa usaha yang cenderung ingin bertahan dalam kehidupan offline justru perlahan mengalami kemunduran. Jenis usaha makanan dan minuman menjadi usaha UMKM yang paling banyak digeluti oleh pelaku UMKM dan bermanfaat untuk pengurangan angka pengangguran di Kota Makassar meskipun berasal dari sector informal yang masih belum tercatat di Badan Pusat Statistik. Walaupun masih berada pada kondisi pandemi covid-19, sector UMKM terus berusaha tetap bertahan dengan melakukan berbagai cara baik itu peningkatan promosi maupun pemberian diskon pembelian.

Keywords


Digital marketing; usaha mikro, kecil, dan menengah; laba; promosi; covid-19

References


Amah, Nik. 2013. Bank Syariah dan UMKM Dalam Menggerakkan ROda Perekonomian Indonesia: Suatu Kajian Literatur. ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, Volume 2, Nomor 1.

Badan Pusat Statistik Kota Makassar. 2020. https://makassarkota.bps.go.id/

Kannan, P.K., & Hongshuang, L. (2016). Digital marketing: A Framework, Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing.

Kemp, S. (2017, February 16). Retrieved February 18,2017, from http://wearesocial.com

Khan, F., & Siddiqui, K. (2013). The Importance of Digital marketing: An Exploratory Study to Find The Perception and Effectiveness of Digital marketing amongst The Marketing Proffesionals in Pakistan. Journal of Information Systems and Operations Management, 1-8.

Maulana, Y. (2017, 2 6). http://swa.co.id/swa/csr-corner/

Muheramtohadi, Singgih. 2017. Peran Lembaga Keuangan Syariah dalam Pemberdayaan UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Muqtasid, 8(1). DOI: http://dx.doi.org/10.18326/muqtasid.v8i1.65-77

Purwana, Dedi., Rahmi, dan Aditya, Shandy. 2017. Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), Vol. 1, No. 1. DOI: doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01

Rahayu, E. M. (2012, March 19). http://swa.co.id/swa/trends/marketing/

Setyanto, Alief Rakhman., Samodra, Bhimo Rizky.m dan Pratama, Yogi Pasca. 2015. Kajian Strategi Pemberdayaan UMKM dalam Menghadapi Perdagangan Bebas Kawasan ASEAN (Studi Kasus Kampung Batik Laweyan). Jurnal Etikonomi, Volume 14(2).

Stelzner, M. (2012, April). How Marketers are Using Social Media to Grow Their Business

Stockdale, R., Ahmed, A., & Scheepers, H. (2012). Identifying Business Value from The Use of Social Media: An SME Perspective. Pasific Asia Conference on Information Systems. Association for Information System Electronic Library

Utomo, R.M. (2016, October 20). http://m.metrotvnews.com/teknologi/news-teknologi/

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia.

Undang – Undang No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Adya Utami Syukri, Andi Nonong Sunrawali


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja