Pengaruh promosi penjualan dan e-service quality terhadap loyalitas pelanggan marketplace shopee

Shafira Ramadhanti Salsyabila, Arif Fadilla

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan, menganalisis dan mengukur suatu fenomena mengenai Pengaruh Promosi Penjualan dan E-Service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan Marketplace Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Sampel penelitian ini adalah Pengikut Instagram Shopee Indonesia berjumlah 400 responden. Alat Analisis yang digunakan adalah Analisis Rentang Skala dan Analisis Jalur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan yaitu, Promosi Penjualan dan E-Service Quality memiliki korelasi sebesar 0,651, yang berarti hubungan tersebut kuat. Secara parsial Promosi Penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan presentase sebesar 29,8%, yang berarti jika Promosi Penjualan yang diberikan ditingkatkan maka akan berpengaruh pada meningkatnya Loyalitas Pelanggan. Secara parsial E-Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan presentase sebesar 42%, yang berarti jika E-Service Quality yang diberikan ditingkatkan maka akan berpengaruh pada meningkatnya Loyalitas Pelanggan. serta secara simultan Promosi Penjualan dan E-Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan sebesar 71,8%, sedangkan sisanya 28,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Artinya, jika Promosi Penjualan dan E-Service Quality secara bersama-sama ditingkatkan maka akan berpengaruh pada peningkatan Loyalitas Pelanggan


Keywords


Promosi penjualan; e-service quality; loyalitas pelanggan

References


Alma, Buchari. 2020. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Revisi. Bandung: Alfabeta.

Bungin, Burhan. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana

Duli, Nikolaus. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, Ali. 2013. Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Hermawan, Asep dan Husna Leila Yusran. 2017. Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Purwanto, Suharyadi SK. 2017. Statistika Untuk Ekonomi Dan Keuangan Modern. 3rd ed. Jakarta: Salemba Empat.

Radjab, Enny dan Andi Jam’an. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Riduwan, dan Engkos Achmad Kuncoro. 2017. Cara Menggunakan Dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.

Sarmanu. 2017. Dasar Metodologi Peneleitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Statistika. Surabaya: Airlangga University Press.

Septiani, Risa dan Nurhadi. 2020. “Peran Mediasi Kepuasan Pelanggan Pada Pengaruh E-Service Quality, Persepsi Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan.†Jurnal Ilmu Manajemen 17(2).

Siangta, Sherly, Julius Solichin, dan Evelyn Hendriana. 2020. “Effect of Service Quality and Sales Promotion on Customer Loyalty In Online Transportation Service.†Solid State Techonology 63(5).

Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Edisi 26. Bandung: Alfabeta.

Suharjito, Didik. 2015. Pengantar Metodologi Penelitian. Bogor: IPB Press.

Supardi. 2017. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Buku Tentang Statistika Yang Paling Komperhensif. Jakarta: Ufuk Press.

Suryani, dan Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif:Teori Dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam. Jakarta: PrenadaMedia.

Suryani, Tatik. 2018. Perilaku Konsumen Di Era Internet Implikasinya Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Van FC, Lucky Lhaura dan Lisnawita. 2017. “Pengaruh Persepsi Resiko Dan Kualitas E-Commerce Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Fashion Online.†Digital Zone:Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi 8(2): 85-95.

https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/. Diakses pada tanggal 27/10/2020 pukul, 12.20 WIB.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.shopee.id. Diakses pada tanggal 27/10/2020 pukul, 12.25 WIB dan 5/03/2021 pukul, 09.00.

https://instagram.com/shopee_id/. Diakses pada tanggal 04/11/2020 pukul, 17.15 WIB.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.10194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Shafira Ramadhanti Salsyabila, Arif Fadilla


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja