Pengaruh disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di pt. galih estetika indonesia

Aditya Ryan Pradipta, Anwar Musadad

Abstract


Kinerja karyawan di PT. Galih Estetika Indonesia dapat dipengaruhi oleh disiplin kerja dan lingkungan kerja yang baik, dimana disiplin kerja dan lingkungan kerja yang baik dapat meningkatkan kinerja karyawan di PT. Galih Estetika Indonesia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis pengaruh disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Galih Estetika Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 127 responden menggunakan metode Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis rentang skala dan analisis jalur dengan bantuan program komputer Microsoft Excel 2013 dan SPSS versi 16. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh parsial disiplin kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Galih Estetika Indonesia secara signifikan sebesar 38,6%. Terdapat pengaruh parsial lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Galih Estetika Indonesia secara signifikan sebesar 23,2%. Serta, adanya pengaruh simultan disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Galih Estetika Indonesia secara positif dan signifikan sebesar 61,8% sedangkan sisanya 38,2% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.


Keywords


Disiplin kerja; lingkungan kerja; kinerja karyawan

References


Akbar, S. 2018. Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan. STIA Indragiri.

Eny, M. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: UBHARA Manajemen Press.

Farida, U. and Hartono, S. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia II. Ponorogo: Umpo Press.

Indrasari, M. 2017. Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan Tinjauan dari Dimensi Iklim Organisasi, Kreativitas Individu, dan Karakteristik Pekerjaan. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

K Malau, M. and Wasiman. 2020. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Sansyu Precision Batam. Jurnal Rekaman, 4(2), pp. 487–498.

Lubis, Y., Hermanto, B., & Edison, E. 2018. Manajemen dan Riset Sumber Daya Manusia. Alfabeta.

Nurindasari, L. 2017. Pengaruh Insentif dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Dago Endah Bandung. Universitas Pasundan.

Radjab, E. and Jam’an, A. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan.

Sinambela, L. P. 2012. Kinerja Pegawai Teori, Pengukuran, dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudrajat, R. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Ciwawa Cake and Bakery. Universitas Pasundan.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yulia, R. 2019. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. Citra Paramaarta. Akademi Perpajakan Tridarma. Jurnal Gema Ekonomi Vol 9 No. 1 Februari 2019 Hal 1361-1376.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.10193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aditya Ryan Pradipta, Anwar Musadad


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja