Peran manajemen sumber daya manusia (msdm) melalui usaha mikro kecil dan menengah (umkm) untuk penguatan ekonomi

Siti Rahmawati Arifin, Rudy Haryanto

Abstract


Peningkatan dalam pendapatan perkapita ialah tujuan pembangunan ekonomi Nasional, keberhasilan dalam pembangunan nasional karena adanya indikator pertumbuhan ekonomi. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk lapangan pekerjaan serta mendorong pertumbuhan ekonomi karena menyerap banyak tenaga kerja sehingga UMKM bisa mengurangi tingkat pengangguran. Manajemen sumber daya manusia (MSDM) merupakan manajemen tentang tenaga kerja atau karyawan baik di organisasi maupun di perusahaan. Tenaga kerja memang di butuhkan oleh perusahaan  sehingga dalam medapatkan tenaga kerja memerlukan rekrutment, seleksi, penilaian dan kompensasi. Metode penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan data sakunder dari website BPS. Apabila rekrutmen di kaitkan dengan pengguna internet maka pelaku usaha untuk mendapatkan tenaga kerja bisa melalui internet dengan akun sosial media dan pasang iklan untuk menarik pencari kerja. Seleksi dalam mencari tenaga kerja UMKM harus mempunyai pertimbangan. Semua pelaku UMKM harus menyadari akan pentingnya investasi Sumber Daya Manusia sehingga usaha yang di jalankan bisa tetap eksis meskipun perubahan lingkungan terjadi. Pentingnya pelaku UMKM harus mengikuti pelatihan pengembangan pengetahuan supaya bisa bersaing dengan usaha lainnya. Pemanfaatan internet sangat penting dalam menjalankan suatu UMKM. Peran MSDM sangat berpengaruh terhadap UMKM sehingga bisa menyumbangkan kepada PDB dan menjadikan penguatan dalam ekonomi nasional.


Keywords


Manajemen sumber daya manusia (msdm); usaha mikro kecil dan menengah (umkm); pdb

References


Atmaja, Hanung Eka, and Shinta Ratnawati. “PENTINGNYA MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN USAHA KECIL MENENGAH.†Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) 2, no. 1 (October 9, 2018): 21–34. https://doi.org/10.31002/rn.v2i1.818.

Naf’an. Ekonomi Makro; Tinjauan Ekonomi Syariah. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

Priyono, and Marnis. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher, 2008.

Putong, Iskandar. Economics Pengantar Mikro dan Makro. Jakarta: Mitra Wacana media, 2013.

Sawitri, Dyah. “MANAJEMEN STRATEGI UNTUK PENGUATAN EKONOMI NASIONAL.†Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XVII, 2013, 9.

Setiani, Baiq. “KAJIAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PROSES REKRUTMEN TENAGA KERJA DI PERUSAHAAN.†Jurnal Ilmiah WIDYA 1 (2013): 7.

Soewadji, Jusuf. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana media, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sumantri, Bambang Agus, and Erwin Putera Permana. Manajemen Koperasi Dan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Perkembangan, Teori Dan Praktek. Kediri: Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017.

Wulansari, Nury Ariani, Desti Ranihusna, and Ida Maftukhah. “STRATEGI PERENCANAAN SDM UNTUK PENINGKATAN DAYA SAING UMKM BATIK SEMARANG.†PROSIDING SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU & CALL FOR PAPERS UNISBANK (SENDI_U), n.d., 9.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i3.10070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti Rahmawati Arifin, Rudy Haryanto


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja