Analisis sistem pengendalian manajemen dalam meningkatkan daya saing

Alya Elfira Fernanda, Karina Yuliani, Budi Utomo

Abstract


Sistem pengendalian manajemen merupakan cara mengontrol kinerja perusahaan. Dasar dari terciptanya keseimbangan dan kesesuaian untuk mencapai keefektifan serta keefisienan agar mencapai keuntungan maksimal bagi perusahaan. Dalam pengendalian manajemen tidak hanya mengatasi masalah dari dalam perusahaan itu sendiri tetapi juga dari luar misalnya daya saing. Dengan daya saing yang tinggi perusahan dapat mempertahankan kelangsungan operasinya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sistem pengendalian manajemen serta strategi pemasarannya yang diterapkan pada perhotelan di daerah Solo untuk meningkatkan daya saingnya. Menggunakan metode kualitatif deskriptif peneliti mengetahui bahwa pengendalian manajemen terjadi dengan baik di hotel daerah Solo. Memberi fasilitas yang lengkap, memberi harga yang kompetitif dan menerapkan Dynamic Rate, memberikan pelayanan prima, membuat promo-promo dan paket menginap, membuat iklan banner, Sales Call, mengikuti Event untuk promosi, serta bekerja sama dengan Online Travel Agent berarti hotel telah menerapkan pengendalian manajemen dengan baik khususnya dalam hal pemasaran untuk mempertahankan daya saing hotel di daerah Solo. Adanya strategi tersebut menjadikan hotel dapat memenangkan persaingan pasar dari kompetitior lainnya.


Keywords


Sistem pengendalian manajemen; daya saing; hotel

References


Anon. n.d. “Langkah-Langkah Penerapan Dynamic Rate Dan Manfaatnya Bagi Hotel.” Diakses pada Juni 4, 2021a (https://ajar.id/post/langkah-langkah-penerapan-dynamic-rate-dan-manfaatnya-bagi-hotel).

Anon. n.d. “Pengertian, Jenis Dan Klasifikasi Hotel - KajianPustaka.Com.” Diakses pada Juni 3, 2021b (https://www.kajianpustaka.com/2020/09/pengertian-jenis-dan-klasifikasi-hotel.html).

Anthony, Robert N., dan Vijay Govindarajan. 2005. Management Control Systems : Sistem Pengendalian Manajemen.

Aprilukito, Januar, Violetta Simatupang, dan Maksum Suparman. 2017. “Kegiatan Sales Call dalam Penjualan Kamar di Grand Hotel Lembang.” 4(4).

Delia, Mega Sandy, Reva Dwina Sefira, dan Andre Yulianto. n.d. “Meningkatkan Daya Saing (Study Kasus Pada Toserba Borma Majalaya ).” 28–38.

Morasa, Jenny, dan Oktriani Kadsita Lakumani. 2015. “Evaluasi Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Pada Hotel Gran Puri Manado.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 3(2):1023–31.

Lutfi Hendriyati. 2019. “Pengaruh Online Travel Agent Terhadap Pemesanan Kamar Di Hotel Mutiara Malioboro Yogyakarta.” 17(November):1–10. doi: 10.31227/os




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jkin.v18i3.10063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KINERJA

indexing:

 

 

 

 

Creative Commons License


KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen ISSN print: 1907-3011  ISSN online: 2528-1127 is licensed under a Creative Commons Attribution NonCommercial 4.0 International License

.

View My Stats