Pengaruh pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai

Abiyyu Satrio Wibowo, Kusmiyanti Kusmiyanti

Abstract


Tujuan dari dilakukanya penelitian ini adalah agar dapat mengetahui dan menganalisa suatu rumusan masalah yaitu terdapat pengaruh atau tidak pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Purwokerto. metode penelitian yang digunakan adalah  menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner atau angket sebagai pengumpulan data. Sampel dalam penelitian ini yaitu petugas pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Purwokerto dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Hasil dari peneltian adalah adanya pengaruh yang singnifikan antara pengembangan sdm terhadap kinerja pegawai. Hasil analisis pengujian dari uji koefisien kolerasi (R) yang menunjukan bahwa variabel pengembangan sumber daya manusia memiliki pengaruh dengan kategori sedang terhadap kinerja pegawai. Nilai koefisien determinasi 31% yang artinya variabel pengembangan sdm memiliki pengaruh 31% terhadap kinerja pegawai pemasyarakatan lapas kelas II A Purwokerto. H0 (tidak dapat pengaruh antar pengembangan terhadap kinerja pegawai) ditolak dan H1 (terdapat pengaruh antara variabel pengembangan sdm terhadap kinerja pegawai ) diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan Ssumber daya manusia sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja pegawai pemasayarakatan. Dengan meningkatnya kinerja pegawai maka organisasi dalam menjalankan tuganya sebagai pelayan masyarakat yaitu  melayani tahanan dan narapidana akan menjadi lebih baik lagi.

Keywords


Pengembangan sdm; kinerja; lembaga pemasyarakatan

References


Bukit, B., Malusa, T., & Rahmat, A. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Teori, Dimensi Pengukuran,. file:///C:/Users/Smile/Downloads/manajemen sumber daya manusia ( PDFDrive.com ).pdf

Negara, A. S., Rahmat, D., Yang, T., Esa, M., & Indonesia, P. R. (2014). No Title.

Suwatno. & Priansa, D. 2011. Manajemen SDM dalam organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hasibuan. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Arikunto, S. (2006). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Sedarmayanti. 2008. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i3.10039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abiyyu Satrio Wibowo, Kusmiyanti Kusmiyanti


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja