Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah

M. Arafah M. Arafah, Muhajirin Muhajirin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah PD BPR NTB Sumbawa. Jenis penelitian ini adalah asosiatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner, teknik skor yang digunakan dalam kuesioner penelitian ini adalah skala Likert. Populasi yang digunakan yaitu nasabah yang berkunjung ke PD BPR NTB Sumbawa.  yang berjumlah 100 nasabah dengan sampel penelitian yaitu nasabah yang sering mengunjung.  sebanyak 50 nasabah dengan sampling yang digunakan yaitu insidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) observasi, (2) kuesioner, (3) wawancara, dan (4) studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabiltas, regresi linear sederhana, kofesian korelasi, uji determinasi dan uji t (uji t dua pihak). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di ambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap Loyalitas nasabah PD BPR NTB Sumbawa.


Keywords


Kualitas pelayanan; loyalitas nasabah; pd bpr ntb

References


Arief,2014. Pemasaran jasa & Kualitas Pelayanan. Malang. Bayumedia Publishing.

Cravens, David W. 2011. Pemasaran Strategi, Terjemahan Lina Salim, Edisi IV, Cetakan 1 Jilid II. Jakarta erlangga.

Danang Sunyoto.2013. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : CAPS

Fandy Tjiptono. 2015 Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta : Andi Offset.

Griffin,2016, Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan, Kesetiaan Pelanggan. Jakarta Erlangga.

Hellen, Fister. 2014,vLayanan Konsumen Dalam Seminggu, Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Erlando.M & Yulianto,E,. 2014 PENGARUH Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas. Jurnal Administrasi Bisnis Vol 15 No 2, Okt 2014.

Arikunto.S,.2018 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratek. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i4.9938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 M. Arafah M. Arafah, Muhajirin Muhajirin


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen