Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian
DOI:
https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i4.9890Keywords:
Analisis factor, keputusan pembelian, becek buwuhanAbstract
Cukup banyak olahan masakan modern dan restoran cepat saji yang berkembang diIndonesia, walau demikian olahan masakan tradisional masih membuktikan keberadaanya masih diminati oleh masyarakat luas dan mampu bertahan hingga saat ini, salah satunya menu Becek Buwuhan khas Tuban yang terdapat diBalerasa Jogo Istimewa Tuban. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor apa saja yang dipertimbangkan dalam mengambil keputusan pembelian pada Becek Buwuhan Tuban. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis faktor. Data dikumpulkan dengan angket yang disebarkan secara online menggunakan google formulir. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Balerasa Joglo Istimewa yang jumlah populasinya tidak dapat diukur dengan pasti. Sampel penelitian sebanyak 115 orang. Hasil penelitian menunjukan dari ketujuh faktor terbentuklah dua faktor baru yang mempengaruhi keputusan pembelian pada Becek Buwuhan Tuban. Faktor pertama yaitu faktor produk dan faktor kedua yaitu faktor budaya. Kelompok faktor produk dibentuk dari faktor produk, faktor psikologis, faktor sosial dan faktor resto atmosfer. Kelompok faktor budaya dibentuk dari faktor budaya, faktor harga dan faktor promosi. Kelompok faktor produk menjadi faktor utama yang mempengaruhi keputusan pembelian pada Becek Buwuhan Tuban dengan nilai varians sebesar 36,314%.
References
Basith, A., & Fadhilah, F. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk pada McDonald’s di Jatiasih Bekasi. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 9(3), 192–203. https://doi.org/10.29244/jmo.v9i3.28224
Bela Annisa Rizqika Mufti, T. G. S. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PENYEDIA JASA TITIP BELI @GOODSXAKHA FACTOR. 34(6), 742–746.
Bob Foster. (2008). Manajemen Ritel. Alfabeta.
CNN Indonesia. (2020). Sajian Becek Buwuhan Daging Sapi Khas Tuban.
Kotler. (2000). Manajemen Pemasaran (Jilid 1). Erlangga.
Lucky Radi Rinandiyana. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH GENERASI MILENIAL PADA INDUSTRI KULINER DI KOTA TASIKMALAYA. Jurnal Ekonomi Manajemen, Volume 3 N.
Maharani, N., & Rahmah, E. (2018). Penyusunan Ensiklopedia Makanan Khas Sumatra Barat. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 7, 95–103.
Malhotra, & Naresh K. (2012). Riset Pemasaran (Edisi 4). PT. Indeks.
Mindari, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Roti Isi Krim Durian Di Desa Rantau Sialang Kecamatan Sungai Keruh. Jurnal Ekonomika, XI(2), 46–61.
Moralisa, D. (2020). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI LUWAK SEDUH DI WARUNG POJOK WONOSALAM. JPTN, 8, No 3.
Peter, & Olson. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (9th ed.). Salemba Empat.
Philip, & Kotler. (2007). Manajemen Pemasaran. PT. Indeks.
Prasetiyawan, A. A., & Nurhidayah, S. M. (2020). Analisis Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Makanan Online Muslim Millenial. Academica Journal of Multidisciplinary Studies, 4(December), 225–244.
Pratita, B. W. A., Heri Pratikto, & Sutrisno. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Pelanggan di Kober Bar Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 497–503.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.
Schiffman, & Kanuk. (2000). Consumer Behavior (7th ed.). Prentice-Hall, Inc.
Suardika, M. P., Ambarawati, G. A. A., & Sukaatmadja, P. (2014). Analisis perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian sayur organik cv golden leaf farm bali. Jurnal Manajemen Agribisnis, 2(1), 1–10.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sundari, Y., Harisudin, M., & Agustono, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Minyak Goreng Bimoli Di Pasar Swalayan Kabupaten Wonogiri. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 15(1), 39.
Yuliati, U. (2013). Faktor -Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pembelian Makanan Jajan Tradisional Di Kota Malang. Manajemen Bisnis, 1(1), 7. https://doi.org/10.22219/jmb.v1i1.1318
Downloads
Published
Issue
Section
License

Jurnal Manajemen ISSN print: 0285-6911 ISSN online: 2528-1518 is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License