Pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi pada mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga kelas xi

Tiara Ayu Meylana Vidanti, Joni Susilowibowo

Abstract


Diberlakukannya pembelajaran secara online menuntut peserta didik agar selalu memiliki peran aktif pada proses pembelajaran serta guru juga harus selalu memberikan pembaharuan terhadap bahan ajar yang dipakai agar mudah dipahami peserta didik. Penelitian pengembangan ini mempunyai tujuan guna mengembangkan produk yaitu bahan ajar berbasis aplikasi android pada mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga SMK kelas XI didasarkan standar BSNP 2014. Penelitian pengembangan ini menguji validitas kelayakan bahan ajar serta respon peserta didik pada bahan ajar. Validitas kelayakan diuji oleh ahli serta uji coba dilakukan terbatas pada peserta didik Akuntansi dan Keuangan Lembaga kelas XI SMK Yapalis. Model pengembangan pada penelitian ini menerapkan model pengembangan menurut Thiagarajan yaitu 4D yang mencakup tahap define, design, development, dan disseminate. Hasil penelitian pada pengembangan membuktikan validitas bahan ajar dalam kelayakan materi, bahasa, dan media didapatkan dengan nilai rata- rata 85,49% yang dikategorikan dalam kriteria interpretasi sangat layak. Penilaian hasil angket respon peserta didik didapat nilai rata- rata 87,75% dengan interpretasi sangat dipahami untuk digunakan.

 

 


Keywords


Android; bahan ajar; praktikum akuntansi lembaga

References


Andari, A. D., & Susarno, L. H. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Materi Basa Rinengga Untuk Siswa Kelas Viii Di Sekolah Menengah Pertama, 74.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Banamtuan, M. F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis e-Book Menggunakan Aplikasi 3D Pageflip Standar, 2(1), 16–25.

BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 02(02), 81–89.

Fitriyani, A. V., & Susanti. (2020). Bahan Ajar E-Book Interaktif Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Berbasis Kontekstual, 4, 514–525.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education : Student perspectives on learning with cellphones , smartphones & social media. The Internet and Higher Education, 19, 18–26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Vol. 41).

Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Android Sebagai Media Interaktif, 7(20), 47–65.

Karlina, D. M., Pada, A. U. T., Artika, K. W., & Abdullah. (2021). Efektivitas Modul Elektronik Berbasis Web Dipadu Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar pada Materi Pencemaran Lingkungan, 9(1), 139–150. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18135

Keengwe, J., & Georgina, D. (2012). The digital course training workshop for online learning and teaching, 365–379. https://doi.org/10.1007/s10639-011-9164-x

Kurniasih, I. (2014). Panduan Membuat Bahan Ajar (Buku Teks Pelajaran) Sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Manasikana, A., & Listiadi, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Android Pada Materi Jurnal Penyesuaian dan Jurnal Koreksi Untuk Kelas XII Akuntansi di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi.

Mardhatillah, Verawati, Evianti, E., & Pramuniati, I. (2019). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Bahasa Inggris, X(1), 38–53.

Matsun, Ramadhani, D., & Lestari, I. (2018). Pengembanga Bahan Ajar Listrik Magnet Berbasis Android di Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak, 99–107.

Muharni, L. P. J., Roza, Y., & Maimunah. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK Menggunakan Peta Wilayah Untuk Menfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa, 05(01), 148–163.

Ninawati, M., Burhendi, F. C. A., & Wulandari. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Software iSpring Suite 9, 7(1), 47–54. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.830

Prastowo, A. (2013). Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar. Jakarta: Kencana.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Rahmawati, N. D., & Susilowibowo, J. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Untuk Kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Semester 2 Smk Negeri 10 Surabaya, 360–365.

Rahmawati, S., & Susanti. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Berbasis Kontekstual Untuk Smk, 383–391.

Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel- variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sivasailam, T., S.Semmel, D., & I.Semmel, M. (1974). Instructional Development For Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.

Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip PDF Professional Pada Materi Alat-Alat Optik di SMA, 2(3), 145–152.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: PT. Alfabet.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: PT. Alfabet.

Sutirna. (2019). Inovasi Pembelajaran Media Untuk Menghentikan Siswa Menjadi Jenuh Dan Bosan ( Penelitian Survey Di Lingkungan Guru Se Komisariat Telukjambe Karawang ), (September 2018). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.13059.14887

Tania, L., & Susilowibowo, J. (2016). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya, 1–9.

Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan, 1(2), 147–156.

Wijayanti, K., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Bank Dan Sistem Pembayaran Berbasis Android Untuk Peserta Didik Kelas X, 14(1), 1–14.

Yulaika, N. F., Harti, & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Dan Keuangan, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i3.9697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tiara Ayu Meylana Vidanti, Joni Susilowibowo


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen