Pengaruh kualitas layanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi online

Ratna Komala, Evi Selvi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online Grabbike di Kecamatan Telukjambe Timur Karawang. Dimana variabel bebas meliputi Kualitas Layanan dan Kepercayaan yang mempengaruhi Kepuasan Pelanggan sebagai variabel terikatnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 400 orang dengan menggunakan teknik incidental sampling.  Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis Scale Range dan Path Analysis dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Layanan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi online grabbike sebesar 15,5%. Sedangkan Kepercayaan secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan jasa transportasi online grabbike sebesar 24%. Kemudian Kualitas Layanan dan Kepercayaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan jasa transportasi online Grabbike sebesar 39,5%, sedangkan 60,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini.



Keywords


Kualitas layanan; kepercayaan; kepuasan pelanggan.

References


Anggriana, R., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online “Om-Jek” Jember. JSMBI ( Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia ), 7 no 2(2), 137–156.

Dari, S. W., & Prijati. (2019). Pengaruh Harga , Kepercayaan , Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Jek Di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(8), 1–18.

Firdaus, H. (2017). Analisis Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Go-jek (Studi Kasus Pada Masyarakat Kel.Pahlawan Kota Palembang). 45.

Hafidz, I. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Grab Bike Di Kota Malang. Bisnis Dan Ekonomi, 9(1).

Prihatini, D. N. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Transportasi Online (Studi Kasus Pada Pengguna Go-Ride dalam Aplikasi Gojek di Kota Magelang).

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2018). Perilaku Konsumen. Andi.

Siahaan, & Raymond. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Grab Di Kota Batam. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 6(2), 248.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (ke-23). Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jmmn.v13i3.9664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL MANAJEMEN

 

Indexing

 

 

 

Creative Commons License

 

Jurnal Manajemen ISSN print: 0285-6911 ISSN online: 2528-1518  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats