Dampak iklan melalui media sosial terhadap keputusan pembelian

Arvin Bagaskara, Nurul Qomariah, Ahmad Izzudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklan melalui media sosial terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian Hp Samsung pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Muhammadiyah Jember. Penelitian ini deskriptif kuantitatif. Data primer diperoleh dari penyebaran secara langsung kuesioner kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Muhammadiyah Jember. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 75 responden. Data lainnya didapatkan dengan cara melalui observasi dan studi kepustakaan. Adapun metode yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa keputusan pembelian Hp Samsung pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Muhammadiyah Jember adalah variabel independen hasilnya yaitu Attitude Toward The Ad berpengaruh signifikan namun variabel keputusan pembelian, sedangkan variabel Ad Recall dan Clik Throught Rates tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian Hp Samsung pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Muhammadiyah Jember.


Keywords


Attitude toward the ad; ad recall; clik throught rates

References


Bambang, Riyanto. 2011. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Dewi, Adhita Maharani. 2018. Pengaruh Iklan Online Melalui Media Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Bagi Peningkatan Penjualan Kuliner Lokal. Jurnal Ekonomi Universitas Kediri. No. 1. Vol. 3.

Ekasari, Novita. 2014. Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Pembiayaan kendaraan pada PT. BFI Finance Jambi. Jambi : Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora. No. 2. Vol. 16.

Ghozalli, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universutas Diponegoro : Semarang.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta. Erlangga.

Megawati, dan Muthia Roza Linda. 2014. Pengaruh Iklan Online Pada Situs Jejaring Sosial Facebook Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Masyarakat Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis. No. 2. Vol. 3.

Parengkuan, F. M. 2014. Perceived Information Security, Information Privacy, Risk and Instutional Trust on Customer’s Trust in E-Commerce.

Putra, Hening Ary, dan Suyono. 2014. Pengaruh Iklan Online Melalui Media Facebook Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Studi Manajemen. No. 1. Vol. 8.

Qomariah, Nurul. 2016. Marketing Adactive Strategy. Jember: Cahaya Ilmu Jember.

Reynaldo, Venia, dan Hanjaya Siaputra. 2019. Pengaruh Iklan Media Sosial Instagram Terhadap Purchase Intention Masyarakat Surabaya di W Bali-Seminyak. Surabaya.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 2018. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3S.

Sumarsono, dan Yayat Giyatno. 2012. Analisis Sikap dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Ecolabelling Serta Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan. Performance. No. 1. Vol. 15.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i3.9631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Arvin Bagaskara, Nurul Qomariah, Ahmad Izzudin


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen