Pengaruh kualitas produk, promosi dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan

Authors

  • Melita Maria Dolorosa Halawa Fakultas Ekonomi Universitas Prima
  • Rosinta Romauli Situmeang Fakultas Ekonomi Universitas Prima
  • Meralda Regina Manalu Fakultas Ekonomi Universitas Prima

DOI:

https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i3.9613

Keywords:

Kualitas produk, promosi, pelayanan, kepuasan pelanggan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, promosi, pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Merek Indah Lestari. Fenomena penurunan kepuasan pelanggan yang terjadi karena komplain, kualitas produk yang terdiri dari adanya kerusakan fasilitas yang disediakan, promosi yang dilaksanakan terbatas dan tidak sering dilakukan dan komplain pelayanan yang diberikan oleh karyawan menjadi latar belakang penelitian ini. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin dalam penentuan sampel. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 105 orang. Pengujian asumsi klasik digunakan untuk menguji data. Pada pengujian data secara parsial, variabel kualitas produk, promosi, pelayanan dan kepuasan pelanggan menunjukkan pengaruh secara positif dan signifikan dari masing-masing variabel terhadap kepuasan pelanggan pada PT Merek Indah Lestari. Pada pengujian analisa data secara simultan, variabel kualitas produk, promosi, pelayanan dan kepuasan pelanggan menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Merek Indah Lestari.

References

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. Manajemen Pemasaran. Ed. 1, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2014.

Assauri Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Atmaja, D. P., & Adiwinata, M. F. 2013. Pengaruh produk, harga, lokasi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian di kopitiam OEY Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 1(2), 551-562.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryono, Budi. 2016. How to win Customer Through Customer Service With Heart. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Hasan, Ali. 2014. Marketing Dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Hikmawati, Fenti. 2017. .Metode Penelitian Manajemen. Bandung. Alfabeta

Lupiyoadi, Rambat. 2013 Manajemen Pemasaran Jasa. Ed. 3, Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Manap. Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Mitra Wacana Media. Yogyakarta.

Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating dan OCAI. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013 Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Santoso, K. W., Waluyo, H. D., & Listyorini, S. 2014. Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian permen tolak angin di Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(1), 95-105.

Siregar, Syofian. 2016. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Soewito, Y. 2013. Kualitas produk, merek dan desain pengaruhnya terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sujarweni, Wiratna V. 2015.Metodologi Penelitian. Yogyakarta : PT Pustaka Baru.

Sunyoto, Danang. 2013.Kewirausahaan untuk Kesehatan. Yogyakarta : Nuha.

Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuesioner & Analisis Data Untuk Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2014.Pemasaran Strategik. Ed. 2, Yogyakarta : CV Andi Offset.

Wijayanti, Titik, 2012, Marketing plan! Dalam bisnis second edition, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo

Published

2021-11-28

Issue

Section

Articles