Evaluasi sistem pengendalian manajemen untuk meningkatkan minat pengunjung kawasan wisata Rancaupas selama pandemi Covid-19

Muhammad Ardi Nupi Hasyim, Ellinda Nurgiantini, Femy Adnianti, Fadhilah Aulia Rahmah

Abstract


Pandemi covid-19 berdampak pada berbagai aspek ekonomi salah satunya di bidang pariwisata. Kawasan wisata Rancaupas yang terletak di Ciwidey, Kabupaten Bandung ikut terkena dampaknya. Dampak yang signifikan terlihat pada penurunan jumlah pengunjung di awal masa pandemi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem pengendalian manajemen yang diterapkan oleh Perhutani Jawa Barat selaku pengelola Kawasan Wisata Rancaupas dalam meningkatkan minat wisatawan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan keberhasilan penerapan sistem pengendalian manajemen yang dilakukan dengan cara membuat strategi pemasaran, mengefisiensikan biaya serta meningkatkan keamanan dan pemeliharaan. Sebaiknya pengelola mendirikan fasilitas baru seperti cafeteria bernuansa outdoor dengan menyajikan pemandangan alam Rancaupas. Pengelola harus tetap menerapkan sistem pengendalian manajemen yang ada dan diharapkan agar sistem tersebut lebih ditingkatkan agar tujuan perusahaan dapat tercapai.


Keywords


Evaluasi, sistem pengendalian manajemen, pandemi covid-19

References


Sumarsan, Thomas. (2013). Sistem Pengendalian Manajemen : Konsep, Aplikasi, Dan Pengukuran Kinerja, Edisi 2. Jakarta : Indeks.

Mulyadi. (2001). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta : Salemba Empat.

Maulana, Agus. (1985). Sistem Pengendalan Manajemen. Jakarta : Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jmmn.v13i3.9589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL MANAJEMEN

 

Indexing

 

 

 

Creative Commons License

 

Jurnal Manajemen ISSN print: 0285-6911 ISSN online: 2528-1518  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats