Pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan konsumen kartu prabayar

Vinny Dwi Rahim Safavi, Hawignyo Hawignyo

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan konsumen kartu prabayar xl – axiata pada pengikut instagram XL Axiata .Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif, verifikatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden menggunakan metode nonprobabilty sampling dengan teknik sampling incidental.. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Analisis Rentang Skala dan Analisis Jalur dengan bantuan program komputer Microsoft Excel 2013 dan SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kualitas pelayanan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan  konsumen kartu prabayar XL Axiata sebesar 2,4%. Sedangkan citra merek secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen kartu prabayar XL Axiata sebesar 30,1%. Kemudian, adanya pengaruh simultan kualitas pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan konsumen kartu prabayar XL Axiata secara positif dan signifikan sebesar 32,5% sedangkan 67,5% dijelaskan oleh variabel – variabel lain yang tidak diteliti.


Keywords


Kualitas pelayanan; citra merek; kepuasan konsumen

References


Agussalim, M., & Ali, H. (2017). Model Kepuasan Pelanggan : Analisis Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Citra Merek Pada Giant Citra Raya Jakarta. XXI(03), 317–335.

Bahar, A., & Sjaharuddin, H. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang. 3, 14–34.

Danang Suyoto. 2013. Dasar – Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta. CAPS

http://topbrand-award.com diakses pada pukul 07.46 tanggal 14 Januari 2021

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta. Erlangga.

Merek, P. C., Layanan, D. A. N. K., Variano, V., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2017). Pengaruh citra merek, harga , dan kualitas layanan terhadap loyalitas merek konsumen kereta api. 5(3).

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality and Satisfication. Edisi 4. Yogyakarta. Andi




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i1.9467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Vinny Dwi Rahim Safavi, Hawignyo Hawignyo


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen