Analisis loyalitas pengguna gopay

Sarah Nabilah Yasmin, Revika Nur Febrianty, Nadhifa Rima Rasya, Abdul Yusuf

Abstract


Revolusi digital telah mengubah berbagai lingkungan bisnis, termasuk industri jasa keuangan. Pada zaman ini telah berkembang layanan keuangan yang disebut dengan Fintech. Dengan adanya revolusi digital maka dapat menghadirkan bebagai macam inovasi dalam pembayaran digital. Sebagai contoh pembayaran digital di Indonesia yaitu e-wallet. E-wallet ialah sebuah dompet digital yang menawarkan layanan menyimpan uang atau untuk bertransaksi secara online melalui smartphone. Dengan adanya berbagai macam aplikasi e-wallet seperti Go-Pay, OVO, Dana, LinkAja, ShopeePay dan lain sebagainya menimbulkan persaingan untuk mendapatkan keloyalitasan para pengguna. Hal tersebut juga terjadi pada aplikasi E-wallet yaitu Gopay dalam mendapatkan keloyalitasan pengguna Gopay, atas dasar itu yang membuat peneliti ingin mengetahui Faktor pendorong yang membuat para customer loyal terhadap produk gopay, Pengaruh loyalitas terhadap produk gopay, dan Faktor yang membuat produk gopay lebih diminati dibandingkan dengan competitor lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif beserta teknik pengumpulan data dengan kuesioner berskala likert serta loyalitas sebagai variabel bebas. Dari hasil penelitian “Membeli produk secara berulang†dan “Membeli seluruh lini produk†memperoleh hasil yang lebih dominan dibandingkan “Merekomendasikan kepada orang lain†serta “Ketahanan terhadap daya pikat pesaingâ€. Hal ini menunjukan bahwa “Membeli produk secara berulang†dan “Membeli seluruh lini produk†menjadi salah satu kunci keloyalitas pelanggan pada E-wallet Gopay.


Keywords


Loyalitas ; konsumen ; e-wallet

References


Anggraini, F. (2020). Fifin Anggraini Anindhyta Budiarti Abstrak Pengaruh Harga , Promosi , Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas …. 08, 86–94.

Aregawi, T. (2018). Factors Affecting Customer Loyalty : ( Experience from Dashen Bank Adigrat area Branch ). Index Copernicus Value, ISSN: 2319-7064, 7(9), 101–105. https://doi.org/10.21275/ART2019892

Davis, K., Maddock, R., & Foo, M. (2017). Catching up with indonesia’s fintech industry. Law and Financial Markets Review. https://doi.org/10.1080/17521440.2017.1336398

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Lepojević, V., & Äukić, S. (2018). Factors Affecting Customer Loyalty in the Business Market - an Empirical Study in the Republic of Serbia. Facta Universitatis, Series: Economics and Organization, February, 245. https://doi.org/10.22190/fueo1803245l

Lindung Bulan, T. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(2), 592–602.

Natarajan, R., & Sudha, V. (2016). A Relationship Between Brand Image and Brand Loyalty. International Journal of Economic and Business Review, 4(5), 139–145.

Priansa, D. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer.

Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Skan J, Dickerson J, Masood S (2015) The Future of Fintech and Banking: Digitally disrupted or reimagined? (available at http://www.fintechinnovationlablondon.co.uk/media/730274/Accenture-The-Future-of-Fintech-and-Bankingdigitallydisrupted-or-reima-.pdf)

Upamannyu, N. K., Gulati, C., Chack, A., & Kaur, G. (2015). The effect of customer trust on customer loyalty and repurchase intention: The moderating influence of perceived CSR. International Journal of Research in IT, Management and Engineering, 5(4), 1–31.

Wantara, P. (2015). International Journal of Economics and Financial Issues The Relationships among Service Quality, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty in Library Services. International Journal of Economics and Financial Issues, 5(5), 10–11. http:www.econjournals.com

Zavolokina, L., Dolata, M., & Schwabe, G. (2016). The FinTech phenomenon: antecedents of financial innovation perceived by the popular press. In Financial Innovation. https://doi.org/10.1186/s40854-016-0036-7




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v13i3.9125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sarah Nabilah Yasmin, Revika Nur Febrianty, Nadhifa Rima Rasya, Abdul Yusuf


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen