Menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat generasi millennial menggunakan e-money

Fani Fatonah, Christiawan Hendratmoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh fitur layanan, persepsi manfaat, persepsi risiko, dan kepercayaan terhadap minat menggunakan E-Money di Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Sampel dalam penelitian ini didapat dengan penyebaran kuesioner online kepada 100 responden yaitu generasi millennial di Kabupaten Klaten yang berminat menggunakan E-Money. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang didahului dengan uji instrumen data dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel fitur layanan, persepsi risiko, dan kepercayaan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menggunakan E-Money hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t dari ketiga variabel tersebut dimana nilai t hitung > t tabel, sedangkan variabel persepsi manfaat tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menggunakan E-Money, hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t dimana nilai t hitung < t tabel.

Keywords


Fitur layanan; persepsi manfaat; persepsi risiko; kepercayaan; e-money

References


Arifin, Samsul. (2011). Pengaruh Kepercayaan, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan

Konsumen Pada Hotel Jepara Indah. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, Vol. 8, No. 1, Maret.

Hal. 67-78.

Davis, F. D.; Bagozzi, R. P.; & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A

Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), 982-1003.

Dewi, N. M. Ari. Puspita dan Warmika, I. Gede. Kt. (2016). Peran Persepsi Kemudahan Penggunaan,

Persepsi Manfaat dan Persepsi Risiko terhadap Niat Menggunakan Mobile Commerce Di Kota

Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 4, Hal. 2606-2636.

Dewi, Ni. Luh. Gede. Diah. Nirmala, dan Jatra, Made. 2013. Pengaruh Atribut Produk Terhadap

Keputusan Pembelian Handphone Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.

(6), h : 248-261.

Fadhli, Muhammad dan Fachrudin, Rudi. (2016). Pengaruh Persepsi Nasabah Atas Risiko,

Kepercayaan, Manfaat, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Internet Banking.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, Vol. 1, No. 2, Hal. 264-276.

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang, Badan Penerbit Universitas

Diponegoro.

Firdayanti, Restika. (2012). Persepsi Risiko Melakukan E-Commerce Dengan Kepercayaan Konsumen

Dalam Membeli Produk Fashion Online. Journal of Social and Industrial Psychology, Vol. 1, No.

, Hal. 1-7.

Ginting, Nembah. F. Hartimbul. 2012. Manajemen Pemasaran. Cetakan 2. Yrama Widya. Bandung.

Jogiyanto, H. M. (2007) Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta, Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta, Erlangga.

Nawawi, Juanda. (2012). Membangun Kepercayaan Dalam Mewujudkan Good Governance. Jurnal

Ilmiah Ilmu Pemerintahan, Vol. 1, No. 3, Juni. Hal. 19-29.

Oentario, Y., Harianto, A., Irawati, J. 2017. Pengaruh Usefulness, Ease Of Use, Risk Terhadap

Intentionto Buy Onlinepatisserie Melalui Customer Attitude Berbasis Media Sosial Di Surabaya.

Jurnal Manajemen Pemasaran.

Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 pasal 1 ayat 3 tentang uang elektronik.

Poon, W. C. 2008. Users Adoption of E-Banking Services : The Malaysian Perspective. Journal of

Business and Industrial Marketing. Vol 23. No 1.

Pratama, Andhika. Bayu dan Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi

Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik.

E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 27, No. 2, Mei. Hal. 927-953.

Rahmatsyah, Deni. 2011. Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Produk Baru

(Studi Kasus : Uang Elektronik Kartu Flazz BCA). Universitas Indonesia.

Statistik Sistem Pembayaran Bank Indonesia. (2019).

Syahril, Wahyuni. Nur dan Rikumahu, Brady. (2019). Penggunaan Technology Acceptance Model

(TAM) Dalam Analisis Minat Perilaku Penggunaan E-Money Pada Mahasiswa Universitas

Telkom. Jurnal Mitra Manajemen, Vol. 3, No. 2, Februari. Hal. 201-2014.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran, Yogyakarta : Penerbit Andi.

Wibowo, S.W; Rosmauli, Dede dan Suhud, Usep. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi

Kemudahan, Fitur Layanan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card

(Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline di Jakarta). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia,

Vol.6, No.1. Hal. 440-456.

Yang, Y.; Liu, Y.; Li, H.; & Yu, B. (2015). Understanding perceived risks in mobile payment

acceptance. Industrial Management & Data Systems, 115 (2). 253-269.

Yogananda, Andrean. Septa dan Dirgantara, I. M. B. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi

Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Untuk Menggunakan

Instrumen Uang Elektronik. Diponegoro Journal Of Management. Vol. 6, No. 4. Hal 1-7.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v12i2.7499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fani Fatonah, Christiawan Hendratmoko


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen