Menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat generasi millennial menggunakan e-money
DOI:
https://doi.org/10.30872/jmmn.v12i2.7499Keywords:
Fitur layanan, persepsi manfaat, persepsi risiko, kepercayaan, e-moneyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh fitur layanan, persepsi manfaat, persepsi risiko, dan kepercayaan terhadap minat menggunakan E-Money di Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Sampel dalam penelitian ini didapat dengan penyebaran kuesioner online kepada 100 responden yaitu generasi millennial di Kabupaten Klaten yang berminat menggunakan E-Money. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang didahului dengan uji instrumen data dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel fitur layanan, persepsi risiko, dan kepercayaan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menggunakan E-Money hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t dari ketiga variabel tersebut dimana nilai t hitung > t tabel, sedangkan variabel persepsi manfaat tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menggunakan E-Money, hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t dimana nilai t hitung < t tabel.References
Arifin, Samsul. (2011). Pengaruh Kepercayaan, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Konsumen Pada Hotel Jepara Indah. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, Vol. 8, No. 1, Maret.
Hal. 67-78.
Davis, F. D.; Bagozzi, R. P.; & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A
Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), 982-1003.
Dewi, N. M. Ari. Puspita dan Warmika, I. Gede. Kt. (2016). Peran Persepsi Kemudahan Penggunaan,
Persepsi Manfaat dan Persepsi Risiko terhadap Niat Menggunakan Mobile Commerce Di Kota
Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 4, Hal. 2606-2636.
Dewi, Ni. Luh. Gede. Diah. Nirmala, dan Jatra, Made. 2013. Pengaruh Atribut Produk Terhadap
Keputusan Pembelian Handphone Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.
(6), h : 248-261.
Fadhli, Muhammad dan Fachrudin, Rudi. (2016). Pengaruh Persepsi Nasabah Atas Risiko,
Kepercayaan, Manfaat, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Internet Banking.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, Vol. 1, No. 2, Hal. 264-276.
Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang, Badan Penerbit Universitas
Diponegoro.
Firdayanti, Restika. (2012). Persepsi Risiko Melakukan E-Commerce Dengan Kepercayaan Konsumen
Dalam Membeli Produk Fashion Online. Journal of Social and Industrial Psychology, Vol. 1, No.
, Hal. 1-7.
Ginting, Nembah. F. Hartimbul. 2012. Manajemen Pemasaran. Cetakan 2. Yrama Widya. Bandung.
Jogiyanto, H. M. (2007) Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta, Erlangga.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta, Erlangga.
Nawawi, Juanda. (2012). Membangun Kepercayaan Dalam Mewujudkan Good Governance. Jurnal
Ilmiah Ilmu Pemerintahan, Vol. 1, No. 3, Juni. Hal. 19-29.
Oentario, Y., Harianto, A., Irawati, J. 2017. Pengaruh Usefulness, Ease Of Use, Risk Terhadap
Intentionto Buy Onlinepatisserie Melalui Customer Attitude Berbasis Media Sosial Di Surabaya.
Jurnal Manajemen Pemasaran.
Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 pasal 1 ayat 3 tentang uang elektronik.
Poon, W. C. 2008. Users Adoption of E-Banking Services : The Malaysian Perspective. Journal of
Business and Industrial Marketing. Vol 23. No 1.
Pratama, Andhika. Bayu dan Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi
Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik.
E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 27, No. 2, Mei. Hal. 927-953.
Rahmatsyah, Deni. 2011. Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Produk Baru
(Studi Kasus : Uang Elektronik Kartu Flazz BCA). Universitas Indonesia.
Statistik Sistem Pembayaran Bank Indonesia. (2019).
Syahril, Wahyuni. Nur dan Rikumahu, Brady. (2019). Penggunaan Technology Acceptance Model
(TAM) Dalam Analisis Minat Perilaku Penggunaan E-Money Pada Mahasiswa Universitas
Telkom. Jurnal Mitra Manajemen, Vol. 3, No. 2, Februari. Hal. 201-2014.
Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran, Yogyakarta : Penerbit Andi.
Wibowo, S.W; Rosmauli, Dede dan Suhud, Usep. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi
Kemudahan, Fitur Layanan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card
(Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline di Jakarta). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia,
Vol.6, No.1. Hal. 440-456.
Yang, Y.; Liu, Y.; Li, H.; & Yu, B. (2015). Understanding perceived risks in mobile payment
acceptance. Industrial Management & Data Systems, 115 (2). 253-269.
Yogananda, Andrean. Septa dan Dirgantara, I. M. B. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi
Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Untuk Menggunakan
Instrumen Uang Elektronik. Diponegoro Journal Of Management. Vol. 6, No. 4. Hal 1-7.
Downloads
Published
Issue
Section
License

Jurnal Manajemen ISSN print: 0285-6911 ISSN online: 2528-1518 is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License