Pengaruh promo gratis ongkos kirim danonline customer ratingterhadapkeputusan pembelian produkfashion

Mira Istiqomah, Novi Marlena

Abstract


Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian fashion dalam hal ini adalah produkhijab pashmina padamarketplaceShopee, salah satunya adalah promo gratis ongkos kirim danonlinecustomer rating. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh promo gratis ongkoskirim danonline customer ratingterhadap keputusan pembelian produkfashionpadamarketplaceShopee. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini bersifatinfiniteyaitu seluruh pengguna Shopee, dengan sampel penelitian ini berjumlah 210 responden. Teknik analisisdata yang digunakan adalah analisis regresilinier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promogratis ongkos kirim (X1) memberi pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian(Y).Online customer rating(X2) memberi pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusanpembelian (Y). Sedangkan Promo gratis ongkos kirim (X1) danOnline customer rating(X2) secarasimultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan prosentase34,4%.

Keywords


Promo gratis ongkos kirim;online customer rating; keputusan pembelian

References


Al Hafiz, M. P. (2020). Tren dan Peluang Industri e-Commerce Indonesia Tahun 2020. https://marketeers.com/tren-dan-peluang-industri-e-commerce-indonesia-tahun-2020/

Amalia, R. D., & Wibowo, S. (2019). Analisis Siaran Iklan dan Gratis Ongkos Kirim sebagai Tipu Muslihat di Youtube Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada E-Commerce Shopee) Universitas Telkom. 5(2), 571–579.

Ardianti, A. N. W. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11. http://teknonisme.com

Assauri, S. (2010). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. PT Raja Grafindo Persada.

Auliya, Z. F., Umam, M. R. K., & Prastiwi, S. K. (2017). Online Costumer Reviews ( OTRs ) dan Rating : Kekuatan Baru pada Pemasaran Online di Indonesia Online Costumer Reviews ( OTRs ) dan Rating : New Era in Indonesia Online Marketing. Ebbank, 8(1), 89–98. https://doi.org/10.1021/acs.orglett.7b03783

Febriani, G. A. (2020). Tren Fashion Hijab 2020, Baju Syari Makin Populer. Wolipop Lifestyle.

Filieri, R. (2014). What makes online reviews helpful ? A diagnosticity-adoption framework to explain informational and normative in fl uences in e-WOM. Journal of Business Research. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2014.11.006

Ichsan, M., Jumhur, H. M., & Dharmoputra, I. S. (2018). Pengaruh Consumer Online Rating and Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia Di Wilayah DKI Jakarta. 5(2), 1828–1835.

iPrice Insight. (2020). The Map of E-commerce in Indonesia. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/en/

Kumparan. (2019). Transaksi Shopee di Indonesia Selama 12.12 Tembus Rp 1,3 Triliun. Kumparan. https://kumparan.com/kumparantech/transaksi-shopee-di-indonesia-selama-12-12-tembus-rp-1-3-triliun-1sR9q4uyQgF

Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Perspective. Advances in Economics and Business, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.13189/AEB.2013.010101

Malhotra, N. K. (2017). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan (4th ed.). Indeks.

Maulana, H. A., & Asra, Y. (2019). Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7(2), 162. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v7i2.1220

Moe, W. W., & Schweidel, D. A. (2012). Online product opinions: Incidence, evaluation, and evolution. Marketing Science, 31(3), 372–386. https://doi.org/10.1287/mksc.1110.0662

Ramadhan, R. S. (2018). Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa di Yogyakarta.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis (N. WK (ed.)). CV. ANDI OFFSET.

Saputra, I. A. G., Soewarno, N., & Isnalita. (2019). Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Generasi Z pada Kegiatan Bisnis Berbasis E-Commerce. Journal of Research and Application: Accounting and Management, 4(1), 32–51. https://doi.org/10.18382/jraam.v4i1.003

Smith, I. G. (2017). Fast or Free Shipping Options in Online and Omni-channel Retail? The Mediating Role of Uncertainty on Satisfaction and Purchase Intentions. International Journal of Logistics Management, Vol. 28(No. 4), 1099–1122.

Sugiyono. (2016). Mtode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Widiyanto, I., & Prasilowati, S. L. (2015). Perilaku Pembelian Melalui Internet. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 17(2), 109–112. https://doi.org/10.9744/jmk.17.2.109-122




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v12i2.7426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mira Istiqomah, Novi Marlena


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen