Analisis kelayakan keuangan bisnis budi daya burung murai batu narogong
Abstract
Budidaya burung kicau  merupakan kegemaran masyarakat Indonesia karena suara merdu dan keindahan gerakkan ekor ketika berkicau dan mempunya nilai jual tinggi, hal ini menjadi peluang besar bagi pebisnis budidaya burung Murai Batu . Tujuan penelitian  untuk mengetahui peluang pasar dan menganalisa kelayakan finansial dari bisnis baru ini. Metode menentukan peluang pasar, dan proyeksi penjualan digunakan metode pendapat eksperimen dan survei pasar. Sedangkan data proyeksi berdasarkan harga pasar tahun 2018  dalam menentukan kelayakan keuangan Present Value (NPV), Profitabilitas Indeks (PI), dan Payback Period.Hasil analisis peluang pasar diketahui minat responden terhadap burung kicau sebesar 86.1% dan penggemar sebesar 61,2% di wilayah Bekasi. Sedangkan kebutuhan dana investasi awal Rp39.803.000 dengn biaya modal kerja awal Rp8.928.000, dihasilkan Laporan Laba Rugi Forma Pro, sebesar laba bersih Rp 112.344.455 pada akhir tahun 2018, selanjutnya nilai Net Present Value positif dan Payback Period kurang dari 1 tahun sehingga bisnis ini layak dilakukan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Kotler, Phillip. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid I (edisi ke-12). PT Indeks, Jakarta.
Kotler, Philip. 2003. Marketing Management. 11th ed. Upper Saddler River, Pearson
Education,Inc.New Jersey.
Kotler, Philip dan Keller Kevin Lanne. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Tigabelas.
Erlangga, Jakarta.
Kartajaya Hermawan. 2004. Positioning, Differensiasi, dan Brand. PT. Gramedia Pustaka
Utama, Jakarta.
Oentoro, Deliyanti. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. LaksBang, Pressindo, Yogyakarta
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Andi Offset, Yogyakarta.
Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti, (2016), Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Edisi
Ketujuh. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Siswanto Sutojo, 2000. Pembiayaan Proyek (Capital Budgeting). Damar Mulia Pustaka:
Jakarta.
Barringer, B. R. (2012). Entrepreneurship: Successfully Launching New Ventures, 4th
Edition. Harlow: Pearson Education Limited.
Akdiatmojo, S. (2017). Panduan Menangkarkan Murai Batu. Jakarta: Agromedia.
Jalil, A., & Turut, R. (2012). Sukses Beternak Murai Batu. Jakarta: Penebar Swadaya.
Salamina, P. P., & Ayub, D. (2018). Building a Marketing Strategy in Enhancing Sales,
Profitability and Financial Feasibility of a New Business a Case Study on Salted Egg Sauce New
Business: "Double Wuenak" (DW). Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, Vol.16 (1).
Salamin, P. P., & Hermawan, F. (2017). Analisis Bisnis Model Kanvas dan Kelayakan
Keuangan (Studi Kasus Pada Teri Sambal Terateri). Jurnal Manajemen dan Bisnis, 31-38.
Fathurohman, R., Bakar, A., & Fitria, L. (2014). Jurnal Online Intitut Teknologi Nasional,
Vol. 02 (03), 2338-5081, Juli.
Hermawan, F., Salamin, P. P., & Joshua. (2018). The Application of Canvas Business Model
and Financial Feasibility Analysis A Case Study On New Photography Business "Tap Studio".
Jurnal Manajemen Bisnis, Vol 9. No 2, September.
W. Nickels, Understanding Business (New York: McGraw Hill, 2016).
W. Pride and O.C. Ferrell, Marketing Principles (Singapore: Cengage, 2018).
P. Kotler and G. Armstrong, Principles of Marketing (Harlow: Pearson Education, 2012).
S. Goyat, The basis of market segmentation: a critical review of literature, European Journal of
Business and Management, 3(9), 2011,45-57.
S. Sarin, Target dan segmentasi Pasar (London: Wiley International, 2010)
DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v12i2.7348
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Geraldus Dananjoyo, Francisca Hermawan, Bambang Sungkowo
Editorial Address
Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen