Identifikasi persepsi konsumen melalui customer profile map terhadap produk aplikasi sekampus indonesia (studi pada pra–launching fitur sekomunitas aplikasi sekampus)

Shania Putri, Nadya K. Moeliono

Abstract


Peneilitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen akan fitur baru dari Aplikasi Sekampus, yaitu fitur Sekomunitas. Fitur Sekomunitas adalah fitur Social Network yang menyediakan informasi Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan Laboratorium yang ada di wilayah kampus. Namun, dalam hal ini peneliti ingin menggali lebih dalam lagi akan kesesuaian produk terhadap kebutuhan konsumen yang sebenarnya, yaitu dengan mengetahui persepsi konsumen terhadap produk ini. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Customer Profile Map dalam Value Proposition Canvas dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Customer profile ini berfungsi untuk mengidentifikasikan customer segment yang kita target lebih spesifik lagi, berdasarkan masalah dan kebutuhan, hal yang dihindari dan hal yang ingin didapatkan oleh customer segment. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari sisi user, mereka dominan memiliki ketergantungan media sosial sebagai sarana informasi kampus. mereka sering menemukan informasi yang tidak jelas, tidak lengkap bahkan sulit dipahami. Mereka menginginkan sebuah aplikasi yang mudah digunakan, mudah dipahami, dengan tampilan yang menarik. Sedangkan dari sisi partner, mereka juga dominan memilki ketergantungan media sosial sebagai sarana publikasi organisasi mereka. Mereka khawatir jika aplikasi ini memiliki sedikit pengguna, dan tetntunya mereka berharap aplikasi ini akan mampu meraup pasar atau pengguna yang besar, agar pasar organisasi juga semakin luas.


Keywords


Persepsi konsumen; customer profile; aplikasi mobile; dan media sosial

References


Agyekum, C. K., Haifeng, H., & Agyeiwaa, A. (2015). Consumer Perception of Product Quality.

Researchgate.net, 25-26.

Allawy, M. R. (2016, Agustus 16). Teknologi. Dipetik Desember 22, 2018, dari Techinasia.com: https://id.techinasia.com/sistem-operasi-smartphone-yang-mungkin-belum-kamu-tahu

Anwar, F. (2017). Perubahan dan Permasalahan Media Sosial .

Ardi, M. (2011). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Organisasi dengan Minat Berorganisasi Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau.

Damayanti, T. E. (2014). Pemanfaatan Media Sosial Twitter Sebagai Media Information Sharing di Perpustakaan Wilayah Kota Surabaya.

Evelina, L. (2011). Paradigma Baru Sponsor Sebagai Mitra Penyelenggaraan Event”.

Fujianti, L. (2012). Pengaruh Profesionalisme Terhadap Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Akuntan Pendidik.

Gea, A. A. (2014). Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif Dan Efisien.

Ghifari, M., Erma Mustika, V., Khofaria Rosidah, H., & Kirana, A. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Iba, Z. (2012). Hubungan Karakteristik Informasi Yang Dihasilkan Oleh Sistem Informasi Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial Pada.

Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Ika Adiyanti, A., & M. Pudjihardjo. (2014). Pengaruh Pendapatan, Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Daya Tarik Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan E-Money.

Ikhsan. (2018, Agustus 10). Dipetik Desember 1, 2018, dari https://www.plimbi.com/article/171276/apa-itu-bug-dalam-aplikasi?force_desktop=1

J. Setiadi, N. (2008). Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Lina Prasetio, Y., Hanafiah, N., Yosanny, A., Yolanda, C., Piecella Musbar, F., & Septianto , D. (2014). Pengembangan Aplikasi Penjadwalan Wisata Harian Pada Smartphone Dengan Pendekatan Scrum.

Meutia, E. D. (2015). Internet of Things – Keamanan dan Privasi.

Mudlofar Umboro Jati, S. (2018). Motivasi dan Kebermaknaan Berorganisasi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurdianti, S. R. (2014). Analisis Faktor-Faktor Hambatan Komunikasi Dalam Sosialisasi Program Keluarga Berencana Pada Masyarakat Kebon Agung- Samarinda.

Nurhadryani, Y., Katarina Sianturi, S., Hermadi, I., & Khotimah, H. (2013). Pengujian Usability untuk Meningkatkan Antarmuka Aplikasi Mobile.

Osterwalder, A., Pigneur, Y., Bernarda, G., & Smith , A. (2014). Value Proposition Design. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

Pakpahan, R. (2017). Analisis Fenomena Hoax Diberbagai Media Sosial Dan Cara Menanggulangi Hoax .

Prastyaningsih, A. S. (2014). Pengaruh Customer Experience Terhadap Repurchase Intention.

Rauzah, N. (2017). Peran Organisasi Ikatan Pelajar Mahasiswa Darul Makmur (IPELMASDAM) Dalam Menjaga Silaturahmi Mahasiswa Di Banda Aceh.

Ruhulessin, R. W. (2015). Rancang Bangun Mobile Commerce Untuk Pencatatan Penjualan Sayur Organik Menggunakan GCM.

Rusmana, D. (2013, Maret 13). Dipetik Desember 22, 2018, dari Medium.com: https://medium.com/@DalihRusmana/apa-itu-sistem-operasi-5f212846271

Satori, D., & Komariah, A. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Soelarso, H., Heru Soebekti, R., & Mufid, A. (2005). Peran komunikasi interpersonal dalam pelayanan kesehatan gigi.

Sosiawan, E. A. (2011). Penggunaan Situs Jejaring Sosial sebagai Media Interaksi.

Sugiyanto, & Hayuhardhika Nugraha Putra, W. (2013). Identifikasi Duplikasi Laporan Bug Pada Repositori Laporan Bug Untuk Menghasilkan Saran Resolusi Bug Perangkat Lunak.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulkowski, L., & Kaczorowska-Spychals, D. (2018). Consumer Perception of Internet of Things.

Supriyono, H., Nur Saputra, A., Sudarmilah, E., & Darsono, R. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis Untuk Perangkat Mobile Berbasis Android.

Suroto. (2016). Dinamika Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Memperkuat Karakter Unggul Generasi Muda.

Sutartono. (2015). Pentingnya Literasi Informasi dalam Menyongsong MEA.

Syarif, H. A. (2016). Pengaruh Kualitas Pesan, Daya Tarik, Frekuensi Terhadap Efektivitas Iklan Televisi.

Triandesa, T. (2016, Oktober 9 ). Dipetik Desember 22, 2018, dari Medium.com: https://medium.com/@trisa.triandesa/apa-itu-teknologi-tepat-guna-91f59e48797b

Wahyuni, Y. L. (2016). Efektifitas Komunikasi Melalui Aplikasi Whatsapp (Studi Terhadap Grup Kpi 2012 Di Whatsapp Pada Mahasiswa Kpi Angkatan 2012.

Widada, C. K. (2017). Mengambil Manfaat Media Sosial Dalam Pengembangan Layanan Perpustakaan.

Wulandari, N. R. (2017). Pengaruh Gangguan (Annoyance) Dalam Penggunaan Media Sosial Pada Kesadaran Merek dan Niat Beli Konsumen Studi Toko Kue Online Nina’S Cake Pada Instagram.

Yen, J.-Y., Yen, C.-F., Chen, C.-S., Wang, P.-W., Chang, Y.-S., & Ko, C.-H. (2012). Social Anxiety in Online and Real-Life Interaction.

Yogananti, A. F. (2015). Pengaruh Psikologi Kombinasi Warna Dalam Website.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v11i1.4905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Shania Putri, Nadya K. Moeliono


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen