Pengaruh iklan, selebriti pendukung dan pemasaran dari mulut ke mulut terhadap kesadaran merek pada produk mie sedaap

Arliza Nurliana Putri, Tati Handayani, Miguna Astuti

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh iklan terhadap kesadaran merek produk Mie Sedaap (2) pengaruh celebrity endorser terhadap kesadaran merek produk Mie Sedaap (3) pengaruh word of mouth marketing terhadap kesadaran merek Produk Mie Sedaap. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Komunitas Kecamatan Pamulang. Dengan ukuran sampel yang diambil sebanyak 100 responden. dengan metode non-probability sampling khususnya Incidental Sampling yang merupakan teknik pengumpulan sampel secara kebetulan, yaitu siapa saja yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel, jika dilihat oleh orang yang kebetulan bertemu maka cocok sebagai sumber data. Teknik analisis yang digunakan adalah Partial Least Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) iklan berpengaruh positif dan signifikan (2) celebrity endorser memiliki pengaruh positif tetapi tidak berpengaruh dan tidak signifikan (3) word of mouth marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan.


Keywords


Iklan; pendukung selebritas; pemasaran dari mulut ke mulut; kesadaran merek

References


Abdilah, W., & Jogiyanto. (2015). Partial Least Square – Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitan Bisnis. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Azaria, A., Kumadji, S., & Yuningwati, F. (2014). Pengaruh internet marketing terhadap pembentukan word of mouth dan efektivitas iklan dalam meningkatkan brand awareness: studi pada follower akun twitter pocari sweat di jejaring sosial twitter. Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 13 , hlm. 1-7. (Erlangga & Sunarti, 2017)

Badan Pusat Statistik Kota Tangerang Selatan. (2017). Jumlah Penduduk Kota Tangerang Selatan. Diakses 15 Februari 2018. Dari https://tangselkota.bps.go.id/dynamictable/2017/05/09/49/jumlah-penduduk-kota-tangerang-selatan.html

Badan Pusat Statistik Provinsi Banten. (2017). Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga Provinsi Banten 2016. Di akses 13 Februari 2018. Dari https://banten.bps.go.id/publication/2017/12/15/6a9fae37bb8fd8b40f552819/pengeluaran-dan-konsumsi-rumah-tangga-provinsi-banten-2016.html Dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/02/01/2016-konsumsi-mi-instan-di-indonesia-mencapai-148-miliar-bungkus

Databoks. (2017). 2016, Konsumsi Mi Instan di Indonesia 14,8 Miliar Bungkus. Diakses 9 Februari 2018.

Erlangga, E., & Sunarti. (2017). pengaruh kepribadian merek dan celebrity endorser terhadap kesadaran merek serta dampaknya pada keputusan pembelian: studi pada konsumen Malang Strudel di Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnis , hlm. 152-161.

Ghozali, I. (2014). Structural equation modeling metode alternatif dengan Partial Least Squares (PLS) Edisi 4, Semarang: Universitas Diponegoro.

Gunawan, A.F., & Dharmayanti, D. (2014). Analisis pengaruh iklan televisi dan endorser terhadap purchase intention pond’s men dengan brand awareness sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Volume 2 , hlm. 1-14

Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Manap, P. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Metrotvnews. (2017). Dipetik Februari 11, 2018, dari Mengintip Geliat Industri Nasional: http://ekonomi.metrotvnews.com/mikro/aNrV17WN-mengintip-geliat-industri-nasional-di-2018.

Mudiantono, & Satrya, D. (2014). Analisis pengaruh iklan dan kredibilitas endorser terhadap kesadaran merek untuk meningkatkan sikap terhadap produk minuman bersoda merek Fanta. Diponegoro Journal Of Management, Volume 3 , hlm. 1-8.

Octaviani, A. (2016). Analisis Pengaruh Brand Equity Terhadap Repurchase Intention Produk

Bakmi Mewah Di Kota Bandung, Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Renata, M. (2014). Menggunakan “MEME” dalam Word Of Mouth untuk Meningkatkan Kesadaran Merek. Jurnal Studi Manajemen, Volume 8 , hlm. 183-192.

Sarjono, H., & Julianita, W. (2013). SPSS vs LISREL : sebuah pengantar aplikasi untuk riset. Jakarta: Salemba Empat.

Shimp, A. T. (2014). Komunikasi pemasaran terpadu dalam periklanan dan promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Sintiani, L. (2016). Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Isyana Sarasvati Dalam Iklan “Isyana vs Gangster” Terhadap Brand Awareness Masyarakat Surabaya. Jurnal E-Komunikasi, Volume 4 , hlm. 1-10.

Sugiardi, B. A. (2017). Pengaruh iklan dan atribut produk terhadap brand awareness pada produk Hufagripp, . Jurnal Pendidikan Tata Niaga, Volume 3 , hlm. 30-35.

Sujarweni, W. (2015). Metodologi penelitain bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: PUSTAKA BARU PRESS.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v11i1.4524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Arliza Nurliana Putri, Tati Handayani, Miguna Astuti


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen