Pengaruh persepsi nilai pelanggan dan brand image terhadap loyalitas pelanggan jasa ojek online go-jek di samarinda
Abstract
Transportasi online berbasis aplikasi sedang marak di Indonesia, termasuk di kota Samarinda. Salah satunya adalah jasa ojek online merek GO-JEK. Melalui pelayanan jasa yang unggul, akan mengubah persepsi pelanggan serta citra perusahaan menjadi positif dan memperbanyak pelanggan yang loyal sehingga perusahaan tetap dapat mempertahankan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh persepsi nilai pelanggan dan brand image terhadap loyalitas pelanggan jasa ojek online GO-JEK di Samarinda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 60 responden, yaitu masyarakat Samarinda yang telah menggunakan jasa GO-JEK minimal dua kali penggunaan. Jenis sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan analisis data yang digunakan yaitu Partial Least Square yang dioperasikan melalui SmartPLS3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan serta brand image berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2017. Pertumbuhan Pengguna Internet. https://apjii.or.id/survei2017, diakses tanggal 23 Februari 2018
Chao, Ren-Fang dan Tai-Chi Wu. 2015. The Influence of Service Quality, Brand Image and Customer Satisfaction on Customer Loyalty for Private Karaoke Roomsin Taiwan, The Journal of Global Business Management 11 (1) April: 59-67
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi Kelima. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Gadau, Matias. 2016. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen Studi Kasus pada Produk Body Mist The Body Shop di Ambarukmo Plaza. Yogyakarta
Ghafoor, Muhammad Mudasar, Hafiz Kashif Iqbal, Usman Tariq dan Faizan Murtaza. 2012. Impact of Customer Satisfaction and Brand Image on Loyalty, Progress in Business Innovation & Technology Management 002 : 069-077
Ghozali, Imam dan Hengky Latan. 2015. Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS3.0, Edisi Dua. Badan Penerbit Undip. Semarang
GO-JEK. 2018. GO-JEK Indonesia. https://www.go-jek.com, diakses tanggal 23 Februari 2018
Gumussoy, Cigdem Altin dan Berkehan Koseoglu. 2016. The Effects of Service Quality, Perceived Value and Price Fairness on Hotel Customers’ Satisfaction and Loyalty, Journal of Economics, Business and Management 4 (9) September: 523-527
Hasan, Haslinda, Teo Poh Kiong dan Raja Azimah Ainuddin. 2014. Effects of Perceived Value and Trust on Customer Loyalty towards Foreign Bank in Sabah Malaysia, Global Journal of Emerging Trends in e-Business, Marketing and Consumer Psychology 1 (2): 137-153
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta
Hurriyati, Ratih. 2008. Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen, Cetakan Kedua. ALFABETA. Bandung
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Tigabelas. Penerbit Erlangga. Jakarta
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1, Edisi Duabelas. Penerbit Erlangga. Jakarta
Kotler, Philip, Hermawan Kartajaya dan Iwan Setiawan. 2010. Marketing 3.0: Mulai dari produk ke pelanggan , ke human spirit .Penerbit Erlangga. Jakarta
Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz, dan Jacky Mussry. 2010. Pemasaran Jasa: Manusia, Teknologi, Strategi, Edisi Ketujuh. Penerbit Erlangga. Jakarta
Nababan, Bella Novita Sari. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen dalam Pembelian Pembalut Wanita (Studi Kasus pada Pengguna Brand Laurier di Kalangan Wanita Usia Subur di Bandar Lampung). Bandar Lampung
Nikhashemi, Seyed Rajab, Arun Kumar Tarofder, Sanjaya Singh Gaur dan Ahasanul Haque. 2016. The Effect The Effect of Customer Perceived Value of Retail Store on Relationship between Store Attribute and Customer Brand Loyalty: Some Insight From Malaysia, Procedia Economics and Finance 37: 432-438
Nurullaili dan Andi Wijayanto. 2013. Analis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Tupperware ( Studi pada Konsumen Tupperware di Universitas Diponegoro), Jurnal Administrasi Bisnis, 2 (1) Maret: 89-97
Soegoto, Agus Supandi. 2013. Persepsi Nilai dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan dan Dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen, Jurnal EMBA 1 (3) September: 1271-1283
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan ke Enambelas. Penerbit Alfabeta. Bandung
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Bisnis, Edisi Ketiga. Penerbit Alfabeta. Bandung
Suharno dan Yudi Sutarso. 2010. Marketing in Practice, Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta
Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran, Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta
Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet, Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta
Suwandi, Andi Sularso dan Imam Suroso. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Citra Merek terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pos Ekspres di Kantor Pos Bondowoso dan Situbondo, Jurnal JEAM 14: 68-88
Sweeney, Jillian C dan Geoffrey N.Soutar. 2001. Consumer Perceived Value: The development of a multiple item scale, Journal of Retailing 77 :203-220
Syoalehat, Qauman Nur, Siti Azizah dan Anie Eka Kusumastuti. 2016. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) terhadap Loyalitas Konsumen Bakso Bakar Pak Man Kota Malang, Jurnal Ilmu-ilmu Peternakan 26 (3) : 20-26
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Penerbit ANDI. Yogyakarta
Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra dan Dadi Adriana. 2008. Pemasaran Strategik, Edisi Satu . Penerbit Andi. Yogyakarta
Yudaruddin, Rizky. 2014. Statistik Ekonomi: Aplikasi dengan Program SPSS Versi 20, Cetakan Pertama. Penerbit INTERPENA. Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v11i1.4469
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Reginia Agustine Paiva Yeridha, Jusuf Kuleh, Alexander Sampeliling
Editorial Address
Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen