Pengaruh persepsi nilai pelanggan dan brand image terhadap loyalitas pelanggan jasa ojek online go-jek di samarinda

Reginia Agustine Paiva Yeridha, Jusuf Kuleh, Alexander Sampeliling

Abstract


Transportasi online berbasis aplikasi sedang marak di Indonesia, termasuk di kota Samarinda. Salah satunya adalah jasa ojek online merek GO-JEK. Melalui pelayanan jasa yang unggul, akan mengubah persepsi pelanggan serta citra perusahaan menjadi positif dan memperbanyak pelanggan yang loyal sehingga perusahaan tetap dapat mempertahankan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh persepsi nilai pelanggan dan brand image terhadap loyalitas pelanggan jasa ojek online GO-JEK di Samarinda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 60 responden, yaitu masyarakat Samarinda yang telah menggunakan jasa GO-JEK minimal dua kali penggunaan. Jenis sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan analisis data yang digunakan yaitu Partial Least Square yang dioperasikan melalui SmartPLS3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan serta brand image berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan


Keywords


Persepsi nilai pelanggan; brand image; loyalitas pelanggan

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2017. Pertumbuhan Pengguna Internet. https://apjii.or.id/survei2017, diakses tanggal 23 Februari 2018

Chao, Ren-Fang dan Tai-Chi Wu. 2015. The Influence of Service Quality, Brand Image and Customer Satisfaction on Customer Loyalty for Private Karaoke Roomsin Taiwan, The Journal of Global Business Management 11 (1) April: 59-67

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi Kelima. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Gadau, Matias. 2016. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen Studi Kasus pada Produk Body Mist The Body Shop di Ambarukmo Plaza. Yogyakarta

Ghafoor, Muhammad Mudasar, Hafiz Kashif Iqbal, Usman Tariq dan Faizan Murtaza. 2012. Impact of Customer Satisfaction and Brand Image on Loyalty, Progress in Business Innovation & Technology Management 002 : 069-077

Ghozali, Imam dan Hengky Latan. 2015. Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS3.0, Edisi Dua. Badan Penerbit Undip. Semarang

GO-JEK. 2018. GO-JEK Indonesia. https://www.go-jek.com, diakses tanggal 23 Februari 2018

Gumussoy, Cigdem Altin dan Berkehan Koseoglu. 2016. The Effects of Service Quality, Perceived Value and Price Fairness on Hotel Customers’ Satisfaction and Loyalty, Journal of Economics, Business and Management 4 (9) September: 523-527

Hasan, Haslinda, Teo Poh Kiong dan Raja Azimah Ainuddin. 2014. Effects of Perceived Value and Trust on Customer Loyalty towards Foreign Bank in Sabah Malaysia, Global Journal of Emerging Trends in e-Business, Marketing and Consumer Psychology 1 (2): 137-153

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta

Hurriyati, Ratih. 2008. Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen, Cetakan Kedua. ALFABETA. Bandung

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Tigabelas. Penerbit Erlangga. Jakarta

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1, Edisi Duabelas. Penerbit Erlangga. Jakarta

Kotler, Philip, Hermawan Kartajaya dan Iwan Setiawan. 2010. Marketing 3.0: Mulai dari produk ke pelanggan , ke human spirit .Penerbit Erlangga. Jakarta

Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz, dan Jacky Mussry. 2010. Pemasaran Jasa: Manusia, Teknologi, Strategi, Edisi Ketujuh. Penerbit Erlangga. Jakarta

Nababan, Bella Novita Sari. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen dalam Pembelian Pembalut Wanita (Studi Kasus pada Pengguna Brand Laurier di Kalangan Wanita Usia Subur di Bandar Lampung). Bandar Lampung

Nikhashemi, Seyed Rajab, Arun Kumar Tarofder, Sanjaya Singh Gaur dan Ahasanul Haque. 2016. The Effect The Effect of Customer Perceived Value of Retail Store on Relationship between Store Attribute and Customer Brand Loyalty: Some Insight From Malaysia, Procedia Economics and Finance 37: 432-438

Nurullaili dan Andi Wijayanto. 2013. Analis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Tupperware ( Studi pada Konsumen Tupperware di Universitas Diponegoro), Jurnal Administrasi Bisnis, 2 (1) Maret: 89-97

Soegoto, Agus Supandi. 2013. Persepsi Nilai dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan dan Dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen, Jurnal EMBA 1 (3) September: 1271-1283

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan ke Enambelas. Penerbit Alfabeta. Bandung

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Bisnis, Edisi Ketiga. Penerbit Alfabeta. Bandung

Suharno dan Yudi Sutarso. 2010. Marketing in Practice, Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran, Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta

Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet, Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta

Suwandi, Andi Sularso dan Imam Suroso. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Citra Merek terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pos Ekspres di Kantor Pos Bondowoso dan Situbondo, Jurnal JEAM 14: 68-88

Sweeney, Jillian C dan Geoffrey N.Soutar. 2001. Consumer Perceived Value: The development of a multiple item scale, Journal of Retailing 77 :203-220

Syoalehat, Qauman Nur, Siti Azizah dan Anie Eka Kusumastuti. 2016. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) terhadap Loyalitas Konsumen Bakso Bakar Pak Man Kota Malang, Jurnal Ilmu-ilmu Peternakan 26 (3) : 20-26

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Penerbit ANDI. Yogyakarta

Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra dan Dadi Adriana. 2008. Pemasaran Strategik, Edisi Satu . Penerbit Andi. Yogyakarta

Yudaruddin, Rizky. 2014. Statistik Ekonomi: Aplikasi dengan Program SPSS Versi 20, Cetakan Pertama. Penerbit INTERPENA. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v11i1.4469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Reginia Agustine Paiva Yeridha, Jusuf Kuleh, Alexander Sampeliling


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen