Keunggulan bersaing usaha cake dan bakery: peran orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk

Ardianus Laurens Paulus, Zharah Kusuma Wardhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada usaha cake dan bakery di Kota Madiun. Sampel dalam penelitian ini 30 usaha cake dan bakery yang diambil dengan teknik judgement sampling yang merupakan salah satu jenis purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah pelaku usaha cake dan bakery yang ada di Kota Madiun tersebar di 3 Kecamatan yang ada di Kota Madiun yaitu Kecamatan Taman, Kecamatan Kartoharjo dan Kecamatan Manguharjo dengan unit analisis adalah pemilik usaha cake dan bakery. Analisis data dilakukan menggunakan model pengukuran persamaan struktural (SEM) dengan pendekatan Part Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan inovasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing usaha cake dan bakery di Kota Madiun.


Keywords


orientasi pasar; orientasi kewirausahaan; inovasi produk; keunggulan bersaing.

References


Bharadwaj, S.G, Varadarajan, P.R, and Pahy, Jayachandran, 1999, Sustainable

Competitive Advantage In Service Ind, urtries: A Conceptual Model and

Research Propositions, Journal of Marketing, Vol. 57 (October), pp. 83-100. http://www.emeraldinsight.com / pada 10 Februari 2018.

David, Fred R. 2010. Manajemen Strategis Konsep, Edisi 12 Buku 1. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

David W. Craven, 2000, Strategic Marketing, 7 Edition McGraw-Hill, Inc.

Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi Dan Usaha Mikro Kota Madiun (2017).

Djodjobo, Cynthia Vanesa., Tawas, Hendra N. 2014. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado. Jurnal EMBA. Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 1214-1224. Diakses dari https://ejournal.unsrat.ac.id/ pada 3 Oktober 2017.

Fatonah, Siti. 2009. Pengaruh Bauran Pemasaran, Dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran PadaPerusahaan Batik Di Surakarta. DIE – Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen. Volume 6 Nomor 1. Oktober 2009. Diakses dari http://id.portalgaruda.org/ pada 10 Februari 2018.

Ghozali, I. 2008. Structural Equation Modeling: Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Badan Penerbit - Undip.

Hair, J. F; Anderson, R. E; Tatham R. T. and Black W. C. 2010. Multivariate Data Analysis, 7th Edition. Prentice Hall, Upper Saddle River, NJ.

Haji, Samsul., Arifin, Rois., Khairul, M. 2017.Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha cengkeh Di Bawean. Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN Fakultas Ekonomi Unisma. Diakses dari http://riset.unisma.ac.id/index.php/ pada 16 januari 2018.

Haryono, Tulus., Marniyati, Sabar.2017.Pengaruh Market Orientation, Inovasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Bisnis Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing. Jurnal Bisnis & Manajemen.Vol. 17, No. 2, 2017 : 51 -68. Diakses dari http://id.portalgaruda.org/ pada 16 Januari 2018.

Hitt. M.A., Ireland, R.D., dan Hoskinson, R.E. 2001. Management strategi, Daya

Saing Globalisasi, Buku1. Jakarta:Penerbit Salemba Empat.

https://www.femina.co.id/article/mengenal-bakery- 11.28, 12/07/2018

https://pakaroti.com/index.php/content/type-of-bakery-business/ 11.28,12/07/2018

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Edisi 3. Jakarta: Erlangga.

Narver, John C., and Stanley F. Slater. 1990. The Effect of Market Orientation on Bussiness Profitability. Journal of Marketing. October, pp. 20-35.

Prabawani B., Farida N., dan Helia R. 2015. Pengaruh Orientasi Pasar Dan Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Antara (Studi Pada IKM Batik Di Kampung Batik Laweyan, Solo). Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science. Hal. 1-11. Diakses dari http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/ pada 10 Februari 2018

Quantananda, Elia., Haryadi, Bambang.2015.Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Di Surabaya. AGORA Vol. 3, No. 1,(2015). Diakses dari http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php pada 8 Januari 2018.

Rofiaty. 2012. Inovasi Dan Kinerja : Knowledge Sharing Behavior Pada UKM. Malang:Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Setiawan, Heri. 2012. Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Teknologi Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Songket Skala Kecil Di Kota Palembang. Jurnal Orasi Bisnis Edisi ke-VIII. November 2012 : ISSN 2085-1375. Diakses dari http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=89942 pada 18 September 2017.

Syukron, Muhamad Zidni., Ngatno.2016.Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Umkm Jenang Di Kabupaten Kudus. Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 5 Nomor 1 Maret 2016. Diakses dari http://eprints.undip.ac.id/ pada 10 Februari 2018.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v10i2.4080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ardianus Laurens Paulus, Zharah Kusuma Wardhani


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen