Analisis abnormal return dan trading volume activity sebelum dan sesudah stock split pada perusahaan yang terdaftar di bursa efek indonesia

Alexander Alexander, M. Amin Kadafi

Abstract


Pemecahan saham dilakukan karena harga saham yang tinggi tidak menarik bagi investor, dan dengan dilakukannya pemecahaan saham diharapkan akan meningkatkan jumlah investor sehingga volume perdagangan juga akan naik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara abnormal return sebelum dan sesudah pemecahan saham, dan juga antara trading volume activity sebelum dan sesudah pemecahan saham. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari Yahoo Finance dengan periode penelitian tahun 2011 – 2015. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan stock split di tahun penelitian yang ditentukan yaitu 58 perusahaan, pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, sehingga sampel dari penelitian ini menjadi 33 perusahaan. Hasil  penelitian  ini  dengan menggunakan uji beda Wilcoxon  bahwa  secara  nilai sig.(tailed) yang lebih besar dari 0,05 yang berarti H0 diterima atau tidak ada perbedaan antara abnormal return sebelum dan sesudah stock split. Hasil uji beda trading volume activity dengan menggunakan uji beda Wilcoxon menunjukkan nilai sig.(tailed) yang lebih besar dari 0,05 yang berarti H0 diterma atau tidak terdapat perbedaan antara trading volume activity sebelum dan sesudah pemecahan saham.


Keywords


Pemecahan saham; return tidak normal; aktivitas volume perdagangan; return sesungguhnya; return yang diharapkan; uji beda Wilcoxon

References


Fahmi, Irham & Lavianti Hadi, Yovi. (2009). Teori Portofolio dan Analisis Investasi (Teori dan Tanya Jawab). Bandung: CV Alfabeta.

Hartono, Jogiyanto. (2010). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE.

Martalena dan Maya Malinda. 2011. Pengantar Pasar Modal. Yogyakarta: Andi.

Nidia, Rr Ratih. 2014. Analisis Volume Perdagangan Saham dan Abnormal Return Sebelum dan Sesudah Pemecahan Saham Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (2011-2013).

Ningsih, Wahyu. 2015. Analisis Perbedaan Earning Per Share dan Price Book Value Antara Perusahaan Stock Split dan Nonn Stock Split pada Industri Manufaktur di BEI Tahun 2011-2013. Skripsi: Universitas Mulawarman, Samarinda.

Noor, Henry Faizal. 2009. Investasi: Pengelolaan Keuangan Bisnis dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat. Jakarta: Indeks.

Nurfitri S, Dina Justifyani dan Lauw Tjun Tjun. 2009. Pengaruh Kebijakan Stock Split Terhadap Harga Saham dan Volume Perdagangan Saham Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia Tahun 2004-2008. Skripsi: Universitas Kristen Maranatha, Bandung.

Panjaitan, Andri J G. 2013. Pengaruh Right Issue Terhadap Harga Saham Dan Volume Perdagangan Saham Pada Perusahaan Yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia. Skripsi: Universitas Sumatera Utara, Medan.

Riyadi, Selamet dan Selvi Andrefa. 2013. Analisis Dampak Stock Split Terhadap Harga, Volume dan Keputusan Investasi Pada Saham. e-Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol.1 No.1, Oktober 2013.

Samsul, Mohamad. 2006. Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Jakarta: Erlangga.

Sari, Artiza Brilian Sari. 2011. Pengaruh Stock Split Terhadap Abnormal Return dan Trading Volume Activity Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2003-2009. Skripsi: Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Simatupang, Mangasa. (2010). Pengetahuan Praktis Investasi Saham dan Reksa Dana. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Subekti, Dwi Agus. 2014. Pengaruh Stock Split Terhadap Abnormal Return dan Volume Perdagangan Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan yang Masuk Dalam Daftar Efek Syariah Periode 2011- 2013). Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Suharyanto Dwi dan Rusdayanti Asma. Analisis Abnormal Return Saham Sebelum dan Sesudah Pengumuman Peraturan Loan to Value Kpr. Jurnal Wawasan Manajemen Vol.1, Nomor.2, Juni 2013.

Andi. W Mila, I Gusti Ayu. 2010. Analisis Pengaruh Pemecahan Saham (Stock Split) Terhadap Volume Perdagangan Saham dan Abnormal Return Saham Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2007 – 2009. Skripsi: Universitas Diponogoro. Semarang.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v10i1.3803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Alexander Alexander, M. Amin Kadafi


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen