Pengaruh produk ramah lingkungan dan kesadaran konsumen serta persepsi nilai terhadap keputusan pembelian minuman isotonik

Reny Setyowati, Muhammad Wasil

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan menjelaskan Pengaruh Produk Ramah Lingkungan dan Kesadaran Konsumen serta Persepsi Nilai terhadap Keputusan Pembelian Minuman Isotonik Hydro Coco di Kota Samarinda. Teknik pemilihan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 160 orang. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis dilakukan dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan program SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Produk Ramah Lingkungan berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (2) Kesadaran Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (3) Persepsi Nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.


Keywords


Produk ramah lingkungan; kesadaran konsumen; persepsi nilai; keputusan pembelian

References


Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.

Buerke, A., Tammo Straatmann, Nick Lin-Hi & Karsten Mu’ller (2016). Consumer Awareness And Sustainability-Focused Value Orientation As Motivating Factors Of Responsible Consumer Behavior. Rev Manag Sci 11:959-991

Cahya, B. T., Sufiana, F., & Islamiah, M. H. (2020). Impact of Halal Labelization, Consumer Awareness and Behavior Intention Towards Fast Food Buying Decision. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 17(2), 80–104. https://doi.org/10.24239/jsi.v17i2.592.80-104

Darmawan, A., & Prabawani, B. (2020). Pengaruh Promosi dan Persepsi Nilai Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen CICIL.CO.ID Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 1–10.

David, Fred R. (2010). Manajemen Strategi : Konsep. Jakarta: Salemba Empat Edisi 12

Durianto, Darmadi. (2014). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Elkington, J., Hailes, J., & Makower, J. (1993). The Green Consumer. USA Inc: Viking

Handi, H., Hendratono, T., Purwanto, E., & Ihalauw, J. J. O. I. (2018). The Effect Of E-WOM And Perceived Value On The Purchase Decision Of Foods By Using The Go-Food Application As Mediated By Trust. Quality Innovation Prosperity, 22(2), 112–127. https://doi.org/10.12776/qip.v22i2.1062

Jelita, N. S. (2020). Pengaruh Religiusitas Dan Kesadaran Konsumen Terhadap Niat Beli Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Asuransi Syariah Di Surabaya Dan Sidoarjo. 4(1), 1–23.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kumar, P., & Ghodeswar, B. M. (2015). Factors Affecting Consumers’ Green Product Purchase Decisions. Marketing Intelligence and Planning, 33(3), 330–347. https://doi.org/10.1108/MIP-03-2014-0068

Masturoh, L. M. (2016). Pengaruh Green Product, Green Advertising, dan Green Brand terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Green Bag di Carrefour Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, 5(4).

Mothersbaugh, D. L., & Hawkins, D. I. (2015). Consumer Behavior Building Marketing Strategy. McGraw-Hill Education.

Ottman, Jacquelyn. (1998). Developing Green Products: Learning From Stakeholder. Asia Pacific Journal or Marketing and Logistics, 10 (1)

Pamungkas, G. I., Prasodjo, A., & Indraningrat, K. (2015). Pengaruh Green Product Dan Green Advertsing Terhadap Keputusan Pembelian Lampu LED Philips Di Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa.

Pangemanan, C. G., Mananeke, L., & Rondonuwu, C. N. (2018). Analisis Pengaruh Celebrity Endorse, Citra Merek Dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota All New Sienta Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3438–3447. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21452

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2010). Consumer Behavior Marketing. McrGraw-Hill/Irwin.

Sarasuni, F., & Harti. (2021). Pengaruh Kesadaran Lingkungan Dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Pembelian. 13(2), 224–231.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA

Susmonowati, T., & Khotimah, H. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Lazada. Jurnal Lentera Bisnis, 10(2), 197. https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i2.408

Sweeney, J.C. dan Soutar, G,N. (2001). Consumer Perceived Value: The Development of A Multiple Item Scale. Journal of Retailing. 77:203-220.

Tilaar, T. T., Soegoto, A. S., & Arie, F. V. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rm. D’fish Kawasan Megamas Manado). Emba, 5(3), 3488–3497.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian, Yogyakarta: Andi.

Zeithaml, V.A. (1988). Consumer Perceptions Of Price, Quality, And Value: A Means-End Model And Synthesis Of Evidence. Journal of Marketing, Vol.52, No.2, pp. 2-22.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v15i1.13897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Reny Setyowati, Muhammad Wasil


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen