Analisis sektor ekonomi di kabupaten Kutai Kartanegara

Vika Fitriani Hartanto, Fitriadi Fitriadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sektor ekonomi berdasarkan kriteria kontribusi dan pertumbuhan sektor ekonomi di Kabupaten Kutai Kartanegara. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa data PDRB Provinsi Kalimantan Timur dan Kabupaten Kutai Kartanegara dalam kurun waktu 2016-2020. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode analisis kualitatif murni. Model Analisis yang digunakan yaitu Location Quotient, Model Rasio Pertumbuhan dan Analisis Overlay yang diolah menggunakan Microsoft Office Excel 2010. Hasil analisis menunjukkan sektor ekonomi yang termasuk dalam sektor ekonomi basis di Kabupaten Kutai Kartanegara pada tahun 2016-2020, yaitu Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, Sektor Pertambangan dan Penggalian, Sektor Pengadaan Listrik dan Gas, Sektor Konstruksi, Sektor Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib serta Sektor Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial. Terdapat 11 sektor ekonomi yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang unggul. Sektor ekonomi yang termasuk dalam sektor potensial, yaitu Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, Sektor Pengadaan Listrik dan Gas, Sektor Konstruksi serta Sektor Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial. Sementara sector ekonomi lainnya termasuk dalam sektor sedang menurun, sektor sedang berkembang dan sektor tidak potensial.


Keywords


Sektor ekonomi; location quotient; model rasio pertumbuhan; analisis overlay

References


Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Penge. (2015). Analisis Produk Domestik Regional Bruto Menurut Penggunaan Tahun 2010-2014. Samarinda: Bappeda.

Badan Pusat Statistik. (2005). Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI). Jakarta: BPS.

Cahyo, C. D. (2017). Analisis Struktur Ekonomi dan Identifikasi Sektor Unggulan di Kota Bontang. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Djojohadikusumo, S. (1994). Perkembangan Pemikiran Ekonomi : Dasar Teori Ekonomi Pertumbuhan dan Ekonomi Pembangunan. Jakarta: PT. Pustaka LP3ES Indonesia.

Kharisma, B., & Ferry, H. (2018). Penentuan Potensi Sektor Unggulan Dan Potensial Di Provinsi Maluku. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 19(1).

Martno, P. A. (2008). Keterkaitan Antar Sektor Ekonomi dan Antar Daerah di Wilayah Kedungsepur.

Rizani, A. (2017). Analisis Potensi Ekonomi Di Sektor Dan Subsektor Pertanian, Kehutanan Dan Perikanan Kabupaten Jember. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 15(2), 137.

Siregar, A. J. (2017). Analisis Sektor Unggulan di Kabupaten Asahan. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Sjafrizal. (2014). Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Era Otonomi Daerah (Kesatu ed.). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sofi, I. (2020). Analisis Sektor Unggulan Kabupaten Penajam Paser Utara Tahun 2015-2019. Jurnal Anggaran dan Keuangan Negara Indonesia, 2.

Sukirno, S. (2004). Pertumbuhan Ekonomi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sumardi, D. P. (2020). Analisis Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Surakarta: CV. Daiwa Amarta.

Tarigan, R. (2005). Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Todaro, M., & Stephen, C. (2002). Pembangunan Ekonomi Di Dunia Ketiga (Kedelapan ed.). (A. B. Munandar, & Ahli Bahasa Drs Hans Munandar MA, Eds.) Jakarta: PT. Erlangga.

Yusuf, M. (1999). Model Rasio Pertumbuhan ( MRP ) sebagai Salah Satu Alat Analisis Alternatif dalam Perencanaan Wilayah dan Kota. Ekonomi dan Keuangan Indonesia, XLVII No.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v15i1.13896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Vika Fitriani Hartanto, Fitriadi Fitriadi


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen