Pengaruh hedonic shopping motivation, dan shopping lifestyle serta komunikasi pemasaran terpadu terhadap impulse buying

Aurelia Salsabilla Almirah, Alexander Sampeliling

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hedonic shopping motivation, dan shopping lifestyle serta komunikasi pemasaran terpadu terhadap impulse buying studi pada Ramayana Department Store Samarinda Central Plaza. Sampel dipilih menggunakan metode sampling purposive dan diperoleh jumlah sampel yang akan diambil sebesar 95 sampel atau responden. Data yang telah dikumpulkan akan diukur diukur dengan skala likert, dan metode analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian membuktikan bahwa hedonic shopping motivation berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa komunikasi pemasaran terpadu berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, maka hipotesis diterima.


Keywords


Hedonic shopping motivation; shopping lifestyle; komunikasi pemasaran terpadu; impulse buying

References


Abdillah, W., Hartono. 2015. Partial Least Square (PLS).Penerbit Andi. Yogyakarta.

A.M, Morissan. 2010. Periklanan komunikasi pemasaran terpadu, Jakarta :Penerbit. Kencana.

Amiri, F., Jalal, J., Mohsen, S., and Tohid, A. 2012. Evaluation of Effective Fashionism Involvement Factors on Impulse Buying of Costumers and Condition of Interrelation Between These Factor. Journal of Basic and Applied Scientific Research. 2(9), pp. 9413 9419.

Bhakat, R.S and Muruganantham, G. 2013. A Review of Impulse Buying. Behavior. International

Journal of Marketing Studies. Vol.5, No.3. (149-160).

Belch, George E. & Michael A. Belch. 2012. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing

Communication Perspective. Global Edition. New York: McGraw-Hill.

Dhuhan Alfisyahrin. 2018. Pengaruh hedonic motives terhadap shopping lifestyle dan Impulse buying (Survei Pada Konsumen Produk Fashion Matahari Department Store Malang Town Square). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 60 No. 1 Juli.

Dicky, Rachmat Gunawan. 2013, Pengaruh Intellectual Capital terhadap Financial Performance, Growth dan Market Value, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pasundan Bandung.

Edwin Japarianto dan Sugiono Sugiharto. 2011. Pengaruh Shopping Life Style dan Fashion Involvement terhadap Impulse Buying behavior Masyarakat HiSLt Income Surabaya. Jurnal Manajemen. Vol.6 No 1 April, pp, 32-41.

Erni Veronika Siregar. 2015. Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Pada

Toko Online (Studi Pada Berrybenka.com). Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas

Telkom.

Elleinda Yulia Hermanto. 2016. Pengaruh fashion involvement terhadap impulse buying Behaviour masyarakat surabaya dengan hedonic Shopping motivation dan positive emotion sebagai Variabel intervening pada merek zara. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 10, No. 1,ISSN

-235X

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 5. Semarang

:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam, Hengky Latan. 2015. Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk

Penelitian Empiris. BP Undip. Semarang

Hassan,Yasmin, Nik Maheran, Nik Muhammad, dan Hatinah Abu Bakar, 2010. Influence of Shopping Orientation and Store Image on Patronage of Furniture Store. International Journal of Marketing Studies Vol. 2, No. 1; May 2010

Ivan, V.C. 2013. Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, PreDecision Stage, Post- Decision Stage, dan Instore Shopping Environment terhadap Impulse Buying di Stoberi Store. International Journal of Retail and Distribution Manajement, Vol. 2, No. 4.

Japarianto, E dan S. Sugiharto. 2011. Shopping Lifestyle memediasi hubungan antaran Hedonic Utilitarian Value terhadap Impulse Buying. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Juni 2016. Vol.20, No.2, pp. 151 – 207.

Japarianto, E dan S. Sugiharto. 2012. Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvement

Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya. Jurnal Manajemen

Pemasaran. Vol.10, No.2, pp. 32– 41.

Utami, Chirstina Whidya. 2010. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta:

Salemba Empat.

Mehta, Neha P, dkk. 2013. The Impact of Visual Merchandising on Impulse. Buying Behavior of

Consumer: A Case from Central Mall of Ahmedabad.

Murniati, Palupi A et al. 2013. Alat-alat Pengujian Hipotesis. Semarang. Penerbit Universitas Katolik

Soegijapranata.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v15i1.13892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aurelia Salsabilla Almirah, Alexander Sampeliling


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen