Pengaruh fitur produk dan harga serta pengaruh sosial terhadap minat membeli produk smartphone

Rosalinda Yeang, Heni Rahayu Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Pengaruh Fitur Produk Dan Harga Serta Pengaruh Sosial berpengaruh terhadap Minat Membeli Produk Smartphone Samsung. Variabel bebas dalam peneltian ini adalah Fitur Produk, Harga, dan Pengaruh Sosial. Sementara variabel terikat adalah Minat Membeli. Penelitian ini dilakukan  Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman Samarinda dengan 96 responden.Pada penelitian ini bersifat Kuantiitatif  pengumpulan data dengan kuesioner yaitu menguji variabel bebas Fitur Produk, Harga, dan Pengaruh Sosial terhadap variabel terikat yaitu Minat Membeli. Analisis data menggunakan teknik analisis SPSS. Hasil peneltian ini menunjukan bahwa Fitur Produk berpengaruh signifikan terhadap Minat Membeli, dan Harga berpengaruh tidak signifikan terhadap Minat Membeli, serta Pengaruh Sosial berpengaruh signifikan terhadap Minat Membeli.


Keywords


Smartphone; fitur produk; harga; pengaruh sosial; minat membeli

References


A, A., & E, P. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga. 3(2012).

Bakti, U., Hairudin, Septijantin, M., & Alie, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. 22.

Campus, T., & Lanka, S. (2017). The Impact of Price and Trust on Purchase Intention of Organic Food Products in Trincomalee District. 4(3).

Firmansyah, M. A., & SE, M. M. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Penerbit Qiara Media.

Herdiana, T., & Alamsyah, D. P. (2017). Country of Origin dan Citra Merek : Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen. 1(1), 31–40.

Hawkins, best, coney, 2004, consumer behavior, building marketing strategy internasional edition mc graw hill companies, inc

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc

Kurniawan, A. W., & Yuliana, E. (2016). Pengaruh Product Feature, Brand Name, Product Price, Dan Social Influence Terhadap Purchase Intention Smartphone Samsung Di Kota Bandung Pada Tahun 2015. 3(1), 109–115.

Kusumawardhana, R. T. (2016). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Yamaha Vixion (Studi Kasus Pada Mahasiswa Widyatama Bandung). Universitas Widyatama.

Mahdiana, D. (2011). Pengadaan Barang Dengan Metodologi Berorientasi Obyek : Studi Kasus PT . Liga Indonesia. 3(2), 36–43.

Muljani, N., & Koesworo, Y. (2019). The impact of brand image , product quality and price on purchase intention of smartphone. 99–103.

Nurhayati, dan Wahyu, W. M. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Memprngaruhi NiatBeli Ulang Masyarakat Terhadap Produk Handphone. Value Added: Vol 8, No 2. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Pertiwi, F. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil Di Kantor Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Dan Umkm Provinsi Kalimantan Timur Feni. 5,5360–5374.

Rahim, A., Zaharah, S., Kuan, L., Abas, N., & Meriam, S. (2016). Factors Influencing Purchasing Intention of Smartphone among University Students. Procedia Economics and Finance, 37(16), 245–253. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(16)30121-6

Rohman, F., & Abadi, Y. B. (2020). The Effect of Environmentally Friendly Paper Toward Purchasing Intention. 120(Icmeb 2019), 120–126.

Setiawati, Mila. 2015. Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Universitas Pasir Pengairan. Artikel Ilmiah, Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengairan.

Stanton, William J. 2003. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Sadu Sundaru.Jilid Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga.

Satria, A. A. (2017). Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. 2(April).

Sthapit, A. (2018). Impact of product-related and social factors on purchase intention of smart- phone buyers in Nepal Ayush Sharma Abstract.

Tilaar, F., Lapian, 2S.L.H.V. Joyce, & Roring, F. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Dan Motivasi Terhadap Minat Beli Pengguna Shoppe Secara Online Pada Anggota Pemuda Gmim Zaitun Mahakeret. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2028– 2037. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.2 0932

Tran, T. (2018). International Journal of Advanced and Applied Sciences Factors affecting the purchase and repurchase intention smart-phones of Vietnamese staff. 5(3), 107–119.

Wahyuningtias, D., Putranto, T. S., & Kusdiana, R. N. (n.d.). Uji Kesukaan Hasil Jadi Kue Brownies Dan Tepung Gandum Utuh Landasan Teori.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v15i1.13890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rosalinda Yeang, Heni Rahayu Rahmawati


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen