Kebijakan pemerintah dalam mengatasi dampak eksternalitas pada terminal bus lempake kota Samarinda

Juliansyah Roy, Hairun Nisa Maulida Putri, Inka Mayrani, Nurul Izsati, Riska Marsa Linda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kebijakan apa saja yang sudah diberikan oleh pemerintah terhadap eksternalitas Terminal Bus Lempake. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diproleh dari hasil wawancara secara langsung kepada Koordinator terminal, Tenaga Pengadministrasian dan Kearsipan, pelaku UMKM sekitar terminal dan juga responden yang merupakan pengunjung Terminal Bus Lempake. Data sekunder diperoleh dari beberapa instansi yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kota Samarinda Tahun 2019 dan literatur lainnya berupa dokumen jurnal maupun artikel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan/menjelaskan dan menganalisis keadaaan yang bersumber pada fakta-fakta dalam memperoleh gambaran yang lengkap mengenai studi tentang Kebijakan Pemerintah Dalam Mengatasi Dampak Eksternalitas Pada Terminal Bus Lempake di Kota Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah Kota Samarinda masih belum optimal dalam menangani dampak eksternalitas pada Terminal Bus Lempake. Terlihat dari hasil wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa ada beberapa kebijakan pemerintah terutama pada penyaluran dana yang belum tepat sasaran.


Keywords


Eksternalitas; kebijakan; RKPD

References


Adi Nugraha, Bramantya. 2017. "Studi Tentang Keberadaan “Terminal Bayangan” Sukun Banyumanik Kota Semarang”: Universitas Dipenegoro Semarang. Jurnal penelitian.

"Cegah Longsor, Area Terminal Bus Lempake Samarinda Diturap." Tribunkaltim.co, 1 Oct. 2022, kaltim.tribunnews.com/2022/10/01/cegah-longsor-area-terminal-lempake-samarinda-diturap.

Haris, M. Sahpa, Diana. 2019. "Eksternalitas Negatif Penggunaan Transportasi Pribadi Di Kota Banda Aceh." Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vol 4.

"Kebijakan Dan Bantuan Pemerintah Di Bidang Transportasi Oleh." SlideToDoc.com - One of the Largest Repository of Presentations, slidetodoc.com/kebijakan-dan-bantuan-pemerintah-di-bidang-transportasi-oleh/.

Noviyanto R. 2005. "RPJMD Perencanaan Kota Samarinda." Portal Resmi Kota Samarinda, samarindakota.go.id/perencanaan/rpjmd.

Oktaviana, Yasmi. 2017."Studi Tentang Pengelolaan Terminal Bus Antar Kota Dalam Provinsi Di Kota Balikpapan." Ejounal Ilmu Pemerintahan. Vol 5 Nomor 1, 2017.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v15i1.13521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Juliansyah Roy, Hairun Nisa Maulida Putri, Inka Mayrani, Nurul Izsati, Riska Marsa Linda


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen